Cara Restart Firefox Menggunakan "Command"

Ada kalanya kita harus melakukan restart peramban Mozilla Firefox untuk menetapkan sebuah perubahan. Sebagai contoh, ketika Anda mengaktifkan beberapa fitur tersembunyi di browser Firefox melalui about: config seperti menggunakan fitur "Hello" WebRTC, Anda mungkin harus me-restart. Menginstal atau menghapus add-ons itu juga berarti Anda harus me-restart. Meskipun mudah untuk menutup semua tab di Firefox secara manual dan kembali memulai, tetapi tidak ada salahnya kita mencoba memanfaatkan command ini sebagai sebuah anugerah dari para developer Mozilla 🙂 .

Artikel kali ini menunjukkan kepada Anda jalan lain yang lebih cepat yang menggunakan baris perintah (command) built-in Firefox untuk melakukan restart.

BACA JUGA:  Font Notepad Tidak Bisa Kembali ke Default karena Firefox?

Sebelum lanjut, contoh command yang juga sangat membantu adalah mendapatkan kode warna HTML kode  tanpa aplikasi pihak ketiga melainkan langsung dari Firefox. Bagi Anda pengembang Website yang sedang menyusun CSS patut mencoba ini. Ada juga perintah lain misalnya "screenshot" yang dapat Anda gunakan untuk memotret atau mengambil screenshot layar dengan cepat, tetapi sayang tidak ada opsi lanjutan.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana menggunakan baris perintah (command line) untuk me-restart segera Firefox.

Buka Firefox dan tekan Shift + F2 pada keyboard. Firefox akan membuka line console/command di bagian bawah layar. Kita akan menggunakan baris perintah ini untuk menjalankan perintah restart.

BACA JUGA:  Offline Installer .NET Framework

Ketik teks berikut dalam kotak command yang baru saja Anda buka.

restart

Lalu tekan Enter.

Perintah restart firefox

Ini akan menutup semua tab yang terbuka dan me-restart browser Firefox dengan segera.

Hal lain dapat ditambahkan pada perintah restart ini, misalkan menambahkan sebuah argumen:

restart nocache

Menambahkan argumen nocache akan memerintahkan Firefox untuk tidak menggunakan cache lokal untuk memuat sesi sebelumnya. Hal ini dapat membantu ketika Anda ingin memaksa untuk me-refresh konten dalam tab yang telah dibuka sebelumnya. Perhatikan bahwa Anda harus memasukkan argumen nocache tanpa tanda kurung siku (dalam screnshot ada tambahan tanda kurung siku).

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.