Disable Recent Files dan Frequent Folders di Quick Acces Windows 10

File Explorer Windows 10 Technical Preview build 9926 memiliki lokasi default baru bernama “Home”, terdiri dari tiga seksi, yaitu Favorites, Frequent folders dan Recent files. Agar lebih jelas lihat screenshot berikut.

Pada build yang lebih baru (10049), lokasi Home diganti dengan Quick Acces, terdiri dari dua seksi, yaitu Frequent folders dan Recent files.

Ini konsep yang bagus karena kita akan mudah dan cepat mengkases folder-folder dan file-file yang sering kita buka. Tetapi bagi kalian yang menjaga privasi mungkin tidak suka dengan konsep Frequent folders dan Recent files ini. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan tunjukkan bagaimana cara men-disable Recent Files dan Frequent Folders dari Quick Acces di Windows 10.

BACA JUGA:  Cara Recovery Windows 10 dan Windows 8 Melalui Reboot

Kami telah memuat artikel serupa dengan judul "Cara Hapus Recent File dan Frequent Folder dari Home Windows 10", tetapi itu dengan perubahan registry karena tidak opsi yang tersedia di user interface (antarmuka pengguna). Pada Windows 10 build 10049, Microsoft telah menyediakan opsi untuk disable dan enable Recent Files dan Frequent Folders, jadi kalian tidak perlu repot melakukannya melalui registry melainkan cukup melalui antarmuka pengguna.

Untuk disable dan enable Recent Files dan Frequent Folders di Quick Acces Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka File Explorer.
  2. Klik menu File.
  3. Klik opsi Change folder and search options.
    Disable recent file dan frequent folder
  4. Akan terbuka jendela Folder Options. Pada tab General, temukan bagian Privacy lalu untick (hilangkan tanda centang) untuk "Show recently used files in Quick acces" dan "Show frequently used folder in Quick acces".
    remove recent folder n file untick
  5. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
BACA JUGA:  Windows 10 Build 10061 ISO + ESD

Selesai, kini kalian tidak melihat lagi folder-folder dan file-file yang pernah tercatat di area Recent Files dan Frequent Folders.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.