Fitur Baru Update Besar Pertama Windows 10 RTM "Threshold 2"

Pengguna Windows 10 RTM dengan nomer build 10240 mungkin sudah menunggu kapan update besar (major update) tiba. Saat ini, build terbaru Windows 10 Threshold 2 yang dirilis ke publik adalah Windows 10 build 10565, yang saat ini sedang dalam tahap pengujian dan tersedia untuk Windows Insiders. Dalam build itu, kita sudah melihat informasi baru dalam kota dialogĀ  "About Windows" alias winver.exe. Di situ disebutkan "versi OS: 1511". Baris angka ini kemungkinan adalah tahun dan bulan rilisnya, dimana 15 menunjukkan tahun, dan 11 menunjukkan bulan (November). Jadi, update besar pertama untuk Windows 10 RTM kita harapkan segera hadir bulan November.

Treshold 2 adalah kode nama, jadi namanya akan mungkin diubah oleh Microsoft setelah dirilis. Treshold ini akan tersedia melalui Windows Update. Pengguna Windows 10 akan mendapatkannya sebagai pembaruan kumulatif untuk sistem operasi yang terpasang. Pengguna Windows 10 RTM akan dapat memperbarui langsung ke Threshold 2 melalui Windows Update.

Fitur-fitur baru yang akan Anda dapat pada update besar pertama Windows 10 RTM Threshold 2 sebagai berikut:

  1. Perbaikan aktivasi: sekarang Anda dapat menggunakan key Windows 7 atau Windows 8/8.1 Anda untuk mengaktifkan Windows 10 langsung. Anda tidak perlu meng-upgrade versi Windows yang diinstal ke Windows 10. Yang Anda butuhkan adalah key asli dari Windows 7 atau 8. Ketik di Windows 10 dan Anda selesai.
  2. Banyak ikon baru. Pengguna yang sudah mencoba build ini sebelumnya mungkin akrab dengan ikon-ikon ini:
    icons baru windows 10
  3. Cortana mampu memahami catatan Anda - pengingat setting berdasarkan lokasi, waktu dan nomor yang bisa memahami dari penjelasan digital Anda.
  4. Update fitur peramban Microsoft Edge, perubahan berikut:
    • Kemampuan untuk sinkronisasi Favorit dan daftar Reading item dalam Microsoft Edge antar perangkat Anda.
    • Tab preview. Sekarang Memiliki Edge memiliki tab preview, Anda bisa mengintip tampilan tab yang sedang tidak aktif.
    • Antarmuka diperbarui untuk Download manager.
    • Antarmuka diperbarui untuk Developer Tools.
  5. Perpesanan Skype, kemampuan menelepon dan video yang terintegrasi dalam Windows 10 melalui aplikasi Universal Windows baru - Messaging, Telepon dan Skype Video.
  6. Kembalinya judul bar (title bar) berwarna untuk pengguna Windows 10 RTM (Build 10240), saat ini title bar berwarna putih dan tetap begitu meskipun pengguna berganti tema. Bagi mereka yang menjadi bagian dari program Insider, mendapati judul bar berwarna sudah diterapkan sejak Windows 10 build 10547. Anda dapat menyesuaikan warna dengan pergi ke Settings > Personalization > Colors. Title bar berwarna akan muncul hanya jika opsi "Show color on Start, Taskbar, Action Center, and Title bars" diaktifkan.
  7. Konteks menu dengan ikon di Menu Start, jadi menu konteks saat klik kanan di Start tidak hanya berupa teks saja melainkan juga ikon.
  8. Perilaku baru untuk pencetakan (print) yang menjadikan printer terakhir yang Anda gunakan sebagai printer default Anda. Anda dapat mengubah perilaku ini untuk membuatnya bekerja seperti cara Windows sebelumnya menangani printer bawaan dari Settings > Devices > Printer & Scanner. Kemampuan untuk menetapkan standar printer dengan lokasi jaringan yang ditambahkan pada Windows 7 telah dihapus.
  9. Gambar latar belakang baru untuk Lock Screen.
  10. Jump lists untuk aplikasi Metro/Universal.
  11. Kemampuan untuk menemukan perangkat Anda dengan GPS dan pelacakan Lokasi, fitur ini condong ke perangkat mobile.
  12. Akses aplikasi ke riwayat panggilan dan email dapat dikendalikan oleh pengguna.
  13. Peningkatan manajemen memori dengan kompresi data.
BACA JUGA:  Windows 10 Build 10056 - Update UI, Weather + Lainnya

Selain perubahan ini, kita bisa mengharapkan berbagai perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Microsoft bekerja keras untuk memperbaiki semua gangguan yang dikeluhkan pengguna. Kita tunggu saja update besar pertama Windows 10 RTM bulan depan.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.