Internet Mati Saat Layar Android Terkunci

Teman saya baru-baru ini mendapat smartphone baru sekaligus masalah baru :). Dia mengeluhkan internetnya selalu mati saat layar terkunci. Sebenarnya ini bukan masalah besar karena toh internetnya bisa dihidupkan kembali. Hanya saja ini merepotkan karena harus menghidupkan kembali internet berulang-ulang. Selain itu jika internet mati saat layar terkunci tentunya akan berdampak pada aplikasi-aplikasi online seperti Email, WhatsApp, BBM, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Sebab ketika sinyal internet mati, tentunya kita tidak bisa menerima update data semisal pesan atau chatting dari semua aplikasi tersebut.

Mengapa sinyal internet Android mati saat layar terkunci? Jawabnya hanya satu, karena memang diatur demikian. Maksudnya? Ada pengaturan dalam smartphone Android Anda agar internet/paket data dinonaktifkan secara otomatis pada saat layar terkunci/mati.

BACA JUGA:  Sambungkan Windows 8.1/Android Anda ke HDTV

Bagaimana solusi "Internet Mati Saat Layar Android Terkunci"? Kasus pada smartphone teman saya tadi (Intan Switzer...-bukan orang Swiss lho, hehehe..), smartphone keluaran OPPO, solusinya dapat ditemukan di menu Pengaturan > Pengaturan. Di sana ada pilihan "Auto disable mobile data after the screen is off". Saya lihat pilihan ini hidup, itulah sebabnya setiap layar mati atau terkunci maka paket datanya atau sambungan internet juga akan mati secara otomatis.
Tetapi tidak semua ponsel Android memiliki pengaturan built-in semacam itu, contohnya Samsung Galaxy S2 Jelly Bean tidak memilikinya. Jika Anda mendapati masalah internet/paket data mati saat layar terkunci/mati dan Anda tidak menemukan pengaturan built-in dalam sistem Android maka kemungkinan Anda menggunakan aplikasi yang memiliki pengaturan tersebut. Aplikasi tersebut biasanya adalah aplikasi penghemat baterai, misalnya Easy Battery Saver, GO Power Master (GO Battery Saver), dan selainnya.

BACA JUGA:  Menjadikan HP LG LBello sebagai modem wifi

Pada aplikasi GO Power Master fitur "Network Off When Screen Off" terdapat di tab bagian atas, SMART, yaitu pengaturan yang berhubungan dengan layar. Pastikan pilihan "Network Off When Screen Off" tidak hidup jika Anda ingin internet tetap hidup meskipun layar terkunci atau mati.

Aplikasi lain mungkin memberikan nama lain untuk pengaturan jenis ini. Intinya Anda hanya perlu memeriksa pengaturan yang berhubungan dengan layar (screen) dan paket data/internet (mobile data, network, atau serupa itu).

60 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.