Jadikan Wallpaper Windows 8.1 sebagai Background Start Screen

background_start_screen_sama_dengan_wallpaper

Gambar wallpaper Windows 8.1 berbeda dengan gambar latar (background) Start Screen-nya. Padahal jika disamakan antara keduanya, yaitu wallpaper Desktop dan background Start Screen maka saat Anda beralih dari Desktop ke Start Screen seolah-olah Anda masih tetap berada di Desktop. Masih ingat lingkungan Desktop Windows 7 dan Windows XP, kan? Anda tidak ke mana-mana saat menekan tombol Start. Berbeda dengan Windows 8, karena lebar Start dibuat sama dengan lebar layar maka saat Anda menekan Start lingkungan Desktop akan tertutupi. Serasa berpindah ke lingkungan yang lain.

Bagusnya, Microsoft telah menambahkan fitur baru yang menarik ke Start Screen Windows 8.1  yang memungkinkan Anda untuk mengatur Desktop wallpaper Anda saat ini sebagai latar belakang Start Screen. Setelah diterapkan, itu membuat transisi dari Desktop ke Start Screen lebih halus dan lebih user-friendly. Kesamaan gambar latar akan membuat Anda merasa seperti masih di lingkungan Desktop dan mengakses Start screen langsung dari Desktop.

BACA JUGA:  Antivirus Apa yang Kompatibel dengan Windows 8.1?

Ada dua metode menjadikan walppaper Windows 8.1 sebagai background Start Screen-nya, yaitu melalui Start Screen Settings dan Taskbar Properties.

Metode 1: Menggunakan Start Screen Settings

  1. Pergi ke Start Screen dan pindahkan kursor mouse ke kanan-atas kemudian geser ke bawah atau pindahkan kursor mouse ke kanan- bawah lalu geser ke atas untuk mengakses Charms Bar. Atau menekan tombol Win windows logo key + I (Baca juga artikel: Daftar Shortcut Win Key Windows).
  2. Klik icon Settings pada Charms Bar.
  3. Klik opsi Personalize.
  4. Selanjutnya akan terbuka halaman penyetelan kustomisasi Start Screen. Di sini Anda bisa merubah gambar background Start Screen, warna background color, dan warna aksen.
  5. Perhatikan seksi gambar background, di sana ada 20 thumbnail gambar (atau 15 gambar, tergantung versi Windows 8 Anda-saya menggunakan Windows 8.1 Update 1). Untuk menyetel wallpaper Desktop saat ini sebagai gambar background Start Screen klik thumbnail yang ke 20 atau gambar paling akhir di antara deretan gambar background. Lihat screenshot di bawah:Set_Desktop_Wallpaper_as_Start_Screen_Background
BACA JUGA:  Cara Menyimpan Wallpaper HD dari Bing

Metode 2: Menggunakan Taskbar Properties

  1. Klik kanan Taskbar dan pilih Properties.
  2. Akan terbuka jendela Taskbar and Navigation properties.
  3. Beralih ke tab "Navigation" dan enable (centang) opsi "Show my desktop background on Start"  yang ada pada seksi "Start screen".Set_Desktop_Wallpaper_as_Start_Screen_Background_taskbar
  4. Klik tombol Apply untuk menerapkan perubahan. Sekarang bila Anda ke Start Screen Anda akan melihat gambar backgorund-nya sama dengan wallpaper Desktop.

Lihat video.


Selamat mencoba 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.