Pengguna Windows 8 Hanya Diberi Waktu Dua Tahun untuk Kemudian Beralih ke Windows 8.1

Minggu depan, 18 Oktober 2013, Windows 8.1 akan resmi diluncurkan. Microsoft tentu senang bila setiap orang yang memiliki Windows 8 segera mendownload dan menginstall Windows 8.1 atau dengan kata lain mengupgrade Windows 8 mereka ke Windows 8.1. Perlu Anda ketahui bahwa upgrade dari Windows 8 ke Windows 8.1 dapat didownload langsung melalui Windows Store secara gratis tanpa membayar lisensi lagi. Windows 8.1 ini tentulah memiliki sejumlah perbaikan dan fitur baru dibandingkan dengan versi Windows 8 yang diluncurkan pada tahun 2012. Jadi, ada cukup alasan untuk Anda melakukan upgrade. Tetapi bagaimana jika Anda tetap ingin menggunakan Windows 8 dan mengabaikan Windows 8.1? Seandainya Anda ingin tetap menggunakan Windows 8 untuk beberapa waktu lagi, ketahuilah, Microsoft telah mengungkapkan pada halaman dukungan mereka bahwa Windows 8 akan memiliki umur simpan yang sangat singkat.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Membuka Jendela Baru untuk Sebuah Aplikasi yang Sama di Windows 8

Halaman tersebut menyatakan, "pelanggan Windows 8 hanya memiliki kesempatan dua tahun saja untuk kemudian pindah ke Windows 8.1. Itu berarti dukungan Windows 8 secara resmi akan berakhir pada 18 Oktober 2015.

Microsoft akan terus mendukung Windows 8.1 dalam jangka waktu lebih lama dibandingkan Windows 8, dengan dukungan utama berakhir pada 9 Januari 2018 dan dukungan diperpanjang terus hingga 10 Januari 2023.

Mengapa dukungan terhadap Windows 8 begitu singkat? Hanya Microsoft yang tahu pasti. Ini mengingatkan saya pada Windows Vista. Apakah Windows 8 produk "tanggung" (untuk tidak mengatakan gagal) seperti pendahulunya Windows Vista? Bagaimana dengan Windows 9?

BACA JUGA:  Windows 8.1 ISO Preview

Prediksi saya bahwa rentang waktu dukungan yang lama terhadap Windows 8.1 mengindikasikan Microsoft menyediakan waktu yang cukup bagi dirinya sendiri untuk melakukan pengembangan dan pengujian Windows 8.1 menjadi Windows 8.2, Windows 8.3, dan seterusnya hingga akhirnya nanti meluncurkan Windows 9 atau langsung Windows 10.

Update: Tidak ada Windows 8.2 atau Windows 8.3, juga Windows 9 melainkan Windows 10.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.