Langkah Pemulihan dari Efek Google Penguin 3.0

google-penguin-3-0Algoritma Google Penguin 3.0 sudah meluncur, tentunya dengan tujuan untuk membarikan hasil pencarian seakurat dan setepat mungkin kepada user. Update ini sebenarnya sudah meluncur 17 Oktober 2014  tengah malam, hal ini telah terkonfirmasi oleh teman-teman penggiat SEO ketika melakukan wawancara dengan petinggi Google melalui Google Hangout seperti dalam video berikur ini:

Tidak hanya update Penguin 3.0 kali ini, setiap kali ada update algoritma dampaknya tidak hanya pada spam site tetapi juga pada authority site dan ini merupakan sesuatu yang normal kata Google. Di bawah ini adalah authority site yang bernasib "sial" untuk sementara yang diolah menggunakan SEO tool komersil.

BACA JUGA:  Sejarah Logo Google dari Masa ke Masa

efek-google-penguin3Situs-situs atau blog yang menggunakan jasa link building yang ditawarkan situs Fiverr dan sejenisnya untuk lebih waspada, pastikan bahwa link dari dan ke situs anda benar-benar berkualitas.

Langkah Pemulihan Penguin 3.0

  1. Identifikasi outbound dan inbound bad link
    Sebagai webmaster ini sudah tugas anda, cek satu persatu link di situs anda pastikan link tersebut tidak termasuk link farms, link ke article directories, link dari dan ke forum atau situs yang tidak relevan dan link yang tidak berkualitas lainnya. Gunakan Google Webmaster Tools untuk membantu melakukan hal itu. Selain itu link cloaking, keyword stuffing dan hidden text juga berpotensi menjadikan situs anda kena penalti Penguin 3.0. Khusus untuk inbound link, inikan di luar kuasa anda, jika anda sudah menghubungi yang bersangkutan untuk menghapus link ke situs anda dan tidak di respon dengan baik silahkan gunakan bantuan Disavow Tool dari Google.
  2. Review kembali Strategi SEO anda.
    Dari pada anda menggunakan jasa link building atau sejenisnya saya sarankan buat situs anda menjadi "magnet" secara otomatis link berkualitas akan kita dapatkan, memang cara ini tidak instan tetapi dalam jangka panjang situs atau blog kita akan aman dari efek Google Penguin, Google Panda atau lainnya.
BACA JUGA:  Menambah atau Mengurangi Isi Start Menu Windows 10

Sekian semoga bermanfaat.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.