Cara Mudah Memahami Fungsi/Formula IF Microsoft Excel

microsoft-excelBeberapa hari yang lalu saya memposting cara mudah memahami fungsi vlookup dan hlookup yang disertai video dan kali ini adalah posting tentang formula IF. Di internet sudah banyak yang membahas tentang formula IF ini akan tetapi saya merasa masih perlu membahasnya minimal untuk melengkapi dan memperkaya pemahan tentang fungsi atau formula IF ini. Sebelum kita lanjut saya kembali mengutip dari situs resmi si empunya Excel sebagai berikut:

The IF function returns one value if a condition you specify evaluates to TRUE, and another value if that condition evaluates to FALSE. For example, the formula =IF(A1>10,"Over 10","10 or less") returns "Over 10" if A1 is greater than 10, and "10 or less" if A1 is less than or equal to 10.

yang kurang lebih artinya kira-kira begini: Fungsi IF menghasilkan satu nilai jika kondisi yang di uji benar (memenuhi syarat), nilai tersebut TRUE jika benar dan FALSE jika salah. Contoh, rumus =IF(A1>10,"Lebih dari 10","10 atau kurang") menghasilkan "lebih dari 10" jika A1 adalah lebih besar dari 10, dan "10 atau kurang" jika A1 kurang dari atau sama dengan 10. Bingung???? hmmm agar lebih mudah dimengerti silahkan perhatikan dahulu aturan penulisannya

=IF(logical_test, value_if_true, [value_if_false])
logical_test: kolom/cell yang diuji
value_if_true: nilai/hasil jika yg diuji memenuhi syarat
value_if_false: nilai/hasil jika yg diuji tidak emmenuhi syarat

sekarang mari kita saksikan video berikut ini.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Tampilan Rumus di Excel

Coba perhatikan pada video di atas saya mencoba membuat contoh kasus tarif wisata bahari yg saya isi dengan menggunakan fungsi IF. Agar mudah dipahami, pada fungsi IF kita hanya diminta untuk berlogika. Misal, jika Rani adalah Perempuan maka selain Rani laki-laki. Sama seperti soal dalam video tersebut, coba perhatikan pada menit 4:36 =if(C5="Kartini Bahari";"Jepara";"Semarang") maksudnya adalah jika nama kapalnya Kartini Bahari maka pelabuhannya di Jepara selain itu Semarang.

Untuk kolom nama kapal mulai menit 1:43 saya menulis =if(C5="Senin";"Express Bahari";if(C5="Selasa";"Lautan Berlian";if(C5="Rabu";"Kartini Bahari";"Samudra Express"))) masudnya adalah jika hari Senin maka Express Bahari, jika hari Selasa maka Lautan Berlian, jika hari Rabu maka Kartini Bahari, selain itu Samudra Express. Mudah bukan?

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Icon Computer (This PC) di Desktop Windows 10

Tips:
Jika yg diuji ada 2 maka jumlah IFnya hanya 1 yg ke dua gak make
Jika yg diuji ada 3 maka jumlah IFnya hanya 2 yg ke tiga gak make
Jika yg diuji ada 4 maka jumlah IFnya hanya 3 yg ke empat gak make, dan seterusnya

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.