Menambahkan pilihan Disk Cleanup pada Klik Kanan Drive

Default-nya, jika kita klik kanan pada drive C: atau drive lainnya tidak ada pilihan "Disk Cleanup". Jika ingin menambahkannya ternyata bisa. Ini bisa dilakukan dengan tweak registry.

Menambahkan pilihan Disk Cleanup pada Klik Kanan DriveSesekali kita perlu melakukan pembersihan harddisk (HD) melalui "Disk Cleanup" yang kita jalankan dari system tools. Dengan begitu HD kita tidak akan penuh oleh file-file sampah yang dapat mengurangi ruang HD kita. Misalnya, setelah melakukan upgrade ke Windows yang lebih baru, Windows akan membuat salinan yang lama (Windows.old) dan ukurannya hingga beberapa puluh giga. Salinan Windows lama ini dapat dihapus dari menu "Disk Cleanup".

Bagaimana cara menambahkan pilihan "Disk Cleanup" pada konteks menu? Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan pada registry, itu saja, dan itu mudah. Adanya pilihan "Disk Cleanup" pada drive konteks menu akan mempermudah kerja pembersihan HD Anda.

BACA JUGA:  Cara Disable System Tray Windows 7 / Vista / XP

Menambahkan pilihan Disk Cleanup pada Klik Kanan Drive

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuklah ke registry editor.
  2. Tujulah key :
    HKEY_CLASSES_ROOT/Drive/shell
  3. Di bawah key shell buatlah key baru dengan nama Disk cleanup, caranya, klik kanan folder shell, sorot New kemudian pilih Key beri nama Disk cleanup.
  4. Kemudian buat key di bawah key Disk cleanup tadi dan beri nama command, caranya, klik kanan Disk cleanup, sorot New kemudian pilih Key beri nama command.
  5. Ubah value key command tadi dari default ke cleanmgr.exe /d %1 dengan cara klik ganda key (Default) kemudian isi Value data: dengan cleanmgr.exe /d %1. 
  6. Selesai. Sekarang Anda dapat mengakses disk cleanup dari drive konteks menu.
  7. Untuk melihat efeknya Anda tidak perlu restart.
BACA JUGA:  Cara Disable Javascript di Firefox 23 dan versi di atasnya

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Disk_Cleanup_registry

Cara hapus/delete file menggunakan Disk Cleanup

Langkah-langkah berikut ini akan membersihkan file-file yang diasosiasikan dengan akun Anda (jika PC menggunakan lebih dari satu akun).

  1. Buka Disk Cleanup dengan cara klik tombol Start. Dalam search box, ketik Disk Cleanup, dan kemudian, dalam daftar hasil, klik Disk Cleanup.
  2. Dalam daftar Drives, klik hard disk drive yang ingin Anda clean up (bersihkan), dan kemudian klik OK.
  3. Dalam kotak dialog Disk Cleanup, di tab Disk Cleanup, pilih/centang jenis file-file yang ingin Anda hapus, dan  kemudian klik OK.
  4. Pada pesan yang muncul, klik Delete files.

Semoga Bermanfaat!

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.