Menampilkan Windows Experience Index Windows 10

Windows Experience Index Windows 10Di Windows 8.1, Microsoft telah menghapus fitur Windows Experience Index (WEI). Di Windows 10 belum ada tanda-tanda fitur itu akan dikembalikan. Pada Windows 7, WEI bisa ditemukan di System Properties, tetapi di Windows 8 dan Windows 8.1 tidak ada lagi di sana. Di Windows 10, WEI juga hilang. Tetapi WEI masih bisa kita lihat dalam bentuk yang lebih sederhana di salah satu folder Windows 10. Jika Anda penasaran ingin mengetahui berapa skor Windows Experience Index di Windows 10, inilah cara bagaimana menampilkan Windows Experience Index Windows 10. Trik ini berlaku juga untuk Windows 8.1.

BACA JUGA:  Memilih Firefox sebagai Browser Default Windows 10

Untuk menampilkan atau mendapatkan Windows Experience Index in Windows 10 dan Windows 8.1, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka kotak dialog Run dengan menekan hotkey Win + R. Tip: Baca Daftar Lengkap Shortcut Win Key Windows. Hotkey dapat membantu Anda membuka fitur atau aplikasi-aplikasi Windows dengan cepat.
  2. Ketik berikut ini dalam kotak Run dan tekan Enter:
    shell:Games

    Perintah di atas adalah sebuah shell command. Baca juga Daftar Lengkap Shell Command Windows 8.

  3. Akan terbuka jendela folder Games dan di sana Anda bisa melihat skor Windows Experience Index (seperti terlihat dalam gambar di awal artikel ini).

Jika Anda tidak melihat skor Windows Experience Rating, Anda harus mencoba menjalankan WinSAT dari elevated command prompt alias Command Prompt (Admin).

  1. Buka elevated command prompt, tekan hotkey Win + X.
  2. Ketik command berikut ini dan tekan Enter:
    winsat formal
  3. Tunggu hingga WinSAT selesai melakukan benchmark dan setelah selesai buka kembali folder Game Explorer.

Itu saja. Ini adalah cara tercepat untuk melihat skor WEI di Windows 10.

3 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.