Mengapa Saya Masih Menggunakan Windows XP?

Mengapa Saya Masih Menggunakan Windows XP?Meskipun Microsoft telah menghentikan dukungannya, namun masih banyak juga yang masih nyaman dengan Windows XP. Beberapa hari yang lalu teman saya masih minta dibakarkan ISO Windows XP. Di tempat saya bekerja beberapa komputer juga masih menggunakan XP. Sebelumnya, Microsoft pernah mengumumkan akan mengakhiri dukungannya (tahun 2009) tetapi kenyataannya masih memperpanjang dukungannya, namun tahun 2014 ini benar-benar batas akhir. Microsoft sudah benar-benar menghentikan dukungannya untuk Windows XP tepat pada 08 April 2014 setelah 12 setengah tahun mendukungnya.

Apa yang Terjadi pada Windows XP setelah 08 April 2014?

Apakah sistem Windows XP akan berhenti berfungsi setelah tanggal tersebut? Tentu saja tidak. Anda masih dapat terus menggunakannya dan bahkan men-download patch keamanan yang lama, tapi tidakĀ akan ada yang baru. Microsoft tidak akan membuat lagi patch keamanan baru untuk Windows XP. Windows XP sudah benar-benar "dibunuh". Itu artinya, Windows XP akan tetap rentan karena celah-celah kerawanan tidak ada tambalannya (patch). Microsoft juga tidak akan lagi menawarkan dukungan teknis untuk Windows XP. Ketiadaan patch ini akan menjadikan Anda sasaran empuk penjahat dunia maya. Itulah sebabnya mengapa Microsoft menyarankan Anda mengupgrade sistem ke yang lebih baru, misalnya Windows 7 atau bahkan Windows 8. Apalagi Windows XP yang digunakan online sepanjang waktu.

BACA JUGA:  Microsoft Akan Membunuh Control Panel di Windows 10

Windows XP adalah sistem operasi kedua yang paling populer setelah Windows 7. Tetapi itu bukan alasan untuk tetap menggunakannya. Selain alasan keamanan, alasan lainnya adalah kecocokan software, perangkat keras (hardware), dan update driver. Software-software terus dikembangkan, perangkat-perangkat keras juga demikian. Para pengembang software tentu tidak akan bodoh terus-terusan mengembangkan software agar tetap cocok dengan Windows XP. Mungkin Anda sudah menemukan beberapa software yang tidak cocok lagi dengan Windows XP. Anda juga tidak akan mendapatkan lagi update driver dari para pengembang perangkat keras. Perangkat-perangkat keras juga tentu terus dikembangkan sesuai dengan kebaruan sistem operasi.

BACA JUGA:  Google Street View Menyewa Unta Arab

Andai Saya Terpaksa Harus Menggunakan Windows XP?

Anda tidak harus menggunakan XP. Ingat! Setiap produk ada umurnya (baca Windows lifcylce fact sheet). Menemukan perangkat keras baru yang mendukung Windows XP akan semakin sulit jika perangkat keras Anda rusak atau perlu ditingkatkan (upgrade). Perangkat lunak baru sudah tidak mendukung XP dan Anda mungkin akan tetap berkutat dengan software-software tua, basi, dan ketinggalan jaman.

Mengapa saya masih menggunakan Windows XP? Tetapi bila terpaksa harus menggunakan Windows XP, mesin virtual adalah pilihan yang paling tepat agar tetap aman. Jika tidak maka sebaiknya Anda tidak menggunakan Windows XP untuk pekerjaan online, misalnya bisnis. Mungkin Windows XP masih berguna untuk bermain game-game jaman dulu, atau Anda masih bisa menggunakannya untuk mengoperasikan printer dan scanner lama.

Saya sendiri masih menyimpan ISO Windows XP šŸ™‚

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.