Menonton YouTube Offline di Android sudah Bisa

Tadi pagi saya mendapat notifikasi dari Play Store bahwa pembaruan Youtube tersedia. Saya langsung perbarui (update) dan rupanya ada fitur baru yang ditambahkan, yaitu “menambahkan video ke offline”. Jadi, sekarang pengguna Android (dan iOS) sudah bisa menonton video Youtube secara offline. Ini tentu berita menggembirakan terutama bagi Anda yang gemar menonton video Youtube dari Android. Kabarnya-sampai tulisan ini dimuat-fitur ini baru tersedia di Indonesia, Filipina, dan India. Ketiga negara ini dikenal memiliki koneksi internet paling lambat di dunia. Weleh…weleh… 🙂

tambahkan video youtube  ke offline

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan video offline ‘sementara’ untuk kemudian ditonton selama periode singkat ketika konektivitas internet rendah atau tidak ada. Untuk video di mana fitur ini tersedia, pengguna dapat memilih untuk menambahkan video untuk menonton secara offline dengan menekan ikon offline (tombol panah ke bawah) yang terletak di bawah frame video atau tepatnya di bawah judul video. Lihat screenshot berikut.

BACA JUGA:  Cara Meningkatkan Performa Android

tombol offline youtube

Untuk melihat video secara offline, cukup tekan ikon download di bawah video itu, lalu pilih kualitas yang diinginkan; YouTube kemudian akan mendownload video untuk Anda, baik pada Wi-Fi atau jaringan data seluler. Hasil download kemudian akan muncul dalam bagian “Offline” yang dapat Anda temukan di sidebar app.

youtube offline android

Jika Anda mendapat pesan “Menunggu Wi-Fi untuk menambahkan ke offline. Kunjungi Setelan untuk untuk menyetel ulang” maka pasti Anda sedang menggunakan paket data internet bukan Wi-Fi. Oleh karena itu Anda harus menyetel terlebih dahulu agar video YouTube bisa didownload, kalau tidak video tidak bisa didownload.

Pergilah ke tombol menu (di sudut kiri bawah), ketuk Setelan, lalu ketuk Offline, terkahir hilangkan tanda centang pada opsi “Tambahkan melalui Wi-Fi saja”.

BACA JUGA:  Beam Messenger - Bisa Lihat Teks yang Sedang Diketik Pengirim

pengaturan wi-fi youtube offline

Anda tidak perlu melakukan pengaturan ini jika pesan “Menunggu Wi-Fi untuk menambahkan ke offline. Kunjungi Setelan untuk untuk menyetel ulang” tidak muncul.

Perhatikan! Download video hanya didukung dan hanya dapat dilihat di aplikasi YouTube itu sendiri dan bukan pada pemain (player) video lainnya pada perangkat Anda. Juga, orang-orang yang meng-upload video dapat memilih untuk membuat video mereka tersedia untuk melihat secara offline atau tidak. Tambahan lagi, video offline hanya tersimpan selama 48 jam tetapi saya belum dapat mengonfirmasi hal ini karena fitur ini baru di rilis dan saya baru mencobanya pagi ini. Jadi, saya harus menunggu 48 jam ke depan untuk membuktikannya.

Pembatasan waktu simpan selama 48 jam ini diberlakukan untuk menghindari pelanggaran hak cipta. What??? 🙂

Bagaimana menurut Anda? Apakah fitur nonton YouTube Offline ini membantu?

21 comments

  1. Trims infonya, sy sdh gunakan offline youtube utk mnonton video yg jg menghemat paket data,yg jdi pertanyaan bgmn menghapus video offline yg sdh tdk diperlukan,krn kalo kita menyimpan video offline,yang lama masih tersimpan di folder offline,hingga mmbuat pnuh folder,krn yg sdh disimpan trnyata sesudh lwt 48 jm tdk jg terhapus,ada yg ingin sy hapus ada yg masi ingin sy simpan,bgmn menghapus yg sdh tdk sy perlukan,menghapus 1 atau 2 videooffline sj,mhon bntuanx,trm ksih sbelumx…

  2. Berapa lama vidio bertahan?
    Guru saya memiliki seorang anak kecil hingga di men download vidio di youtube tapi vidio itu masih tersimpan lebih dari 48 jam.
    Apakah jika kartu memory kartu sd memori eksternal penuh apa masih bisa mendownload.

    1. Iya kebijakan sudah berubah. Video offline Youtube tersimpan/mengambil ruang memori internal dan kalau sudah penuh tidak bisa download.

  3. Video offline youtube tersimpan di mana y? Saya coba cari kok ga ketemu setelah di download.

    1. Sebagai contoh untuk Samsung Galaxy S 2 tersimpan di: Internal storage/Android/data/com.google.android.youtube/files/Offline/(folder system dengan nama yang acak)/streams

      Ekstensi filenya .exo

        1. Bisa dipindah tapi tidak bisa diputar di laptop, karena video offline youtube terenkripsi dan berupa potongan-potongan (misalnya 1 video bisa jadi terdiri dari 5 potongan/part). Hanya aplikasi Youtube untuk Android yang dapat menyatukan potongan-potongan tersebut untuk bisa dimainankan. Jadi, samapi saat ini kami belum tahu cara memutar video offline Youtube Android di laptop/PC atau software yang dapat mengubah file exo menjadi mp4 atau selainnya.

  4. Kalau saya pas download offline, ada tulisan tidak cukup ruang. Padahal sudah saya pindahkan ke memori internal dan memori internal saya masih banyak

    1. Pergi ke Pengaturan > Penyimpanan > File campuran, pilih Folder untuk dihapus. Catatan: jika Anda memiliki WhatsApp tentu Anda akan melihat folder WhatsApp, hati-hati sebelum menghapus karena itu isinya foto atau video WhatsApp, pindahkan sebelum menghapus.

  5. Makasih postingan nya. Dengan ini saya bisa tau kenpa video yang sudah saya download beberapa hari menghilang dengan sendiri nya. ternyata hanya tersimpan selama 48 jam. Dan ketika smartphone saya mati video yang saya simpan otomatis file nya tidak bisa terbuka. Apa itu juga salah satu kebijakan privasi video offline? Atau ada settingan yang saya tidak tahu? Mohon bantuan nya.

    1. Tersimpan 48 jam sudah tidak berlaku lagi, tersimpan terus. Saat file tidak bisa terbuka apakah Anda terhubung dengan internet?

  6. Habis saya unduh besok nya sudah hilang,terus ada tulisan file video tidak ada anda mungkin telah mengalihkan perangkat penyimpanan atau ada aplikasi pembersih yg terpasang

    1. Sebaiknya anda periksa aplikasi pembersih (cleaner), kalau uninstal saja karena aplikasi seperti itu nyaris tidak ada gunanya.

    1. Bisa, tapi perlu dicatat bahwa file Youtube offline tidak satu paket. Ia terdiri dari banyak bagian-bagian terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.