Menonton YouTube Offline di Android sudah Bisa

Tadi pagi saya mendapat notifikasi dari Play Store bahwa pembaruan Youtube tersedia. Saya langsung perbarui (update) dan rupanya ada fitur baru yang ditambahkan, yaitu "menambahkan video ke offline". Jadi, sekarang pengguna Android (dan iOS) sudah bisa menonton video Youtube secara offline. Ini tentu berita menggembirakan terutama bagi Anda yang gemar menonton video Youtube dari Android. Kabarnya-sampai tulisan ini dimuat-fitur ini baru tersedia di Indonesia, Filipina, dan India. Ketiga negara ini dikenal memiliki koneksi internet paling lambat di dunia. Weleh...weleh... 🙂

tambahkan video youtube  ke offline

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan video offline 'sementara' untuk kemudian ditonton selama periode singkat ketika konektivitas internet rendah atau tidak ada. Untuk video di mana fitur ini tersedia, pengguna dapat memilih untuk menambahkan video untuk menonton secara offline dengan menekan ikon offline (tombol panah ke bawah) yang terletak di bawah frame video atau tepatnya di bawah judul video. Lihat screenshot berikut.

BACA JUGA:  Internet Mati Saat Layar Android Terkunci

tombol offline youtube

Untuk melihat video secara offline, cukup tekan ikon download di bawah video itu, lalu pilih kualitas yang diinginkan; YouTube kemudian akan mendownload video untuk Anda, baik pada Wi-Fi atau jaringan data seluler. Hasil download kemudian akan muncul dalam bagian "Offline" yang dapat Anda temukan di sidebar app.

youtube offline android

Jika Anda mendapat pesan "Menunggu Wi-Fi untuk menambahkan ke offline. Kunjungi Setelan untuk untuk menyetel ulang" maka pasti Anda sedang menggunakan paket data internet bukan Wi-Fi. Oleh karena itu Anda harus menyetel terlebih dahulu agar video YouTube bisa didownload, kalau tidak video tidak bisa didownload.

Pergilah ke tombol menu (di sudut kiri bawah), ketuk Setelan, lalu ketuk Offline, terkahir hilangkan tanda centang pada opsi "Tambahkan melalui Wi-Fi saja".

BACA JUGA:  Samsung Mengumumkan Galaxy Note 4

pengaturan wi-fi youtube offline

Anda tidak perlu melakukan pengaturan ini jika pesan "Menunggu Wi-Fi untuk menambahkan ke offline. Kunjungi Setelan untuk untuk menyetel ulang" tidak muncul.

Perhatikan! Download video hanya didukung dan hanya dapat dilihat di aplikasi YouTube itu sendiri dan bukan pada pemain (player) video lainnya pada perangkat Anda. Juga, orang-orang yang meng-upload video dapat memilih untuk membuat video mereka tersedia untuk melihat secara offline atau tidak. Tambahan lagi, video offline hanya tersimpan selama 48 jam tetapi saya belum dapat mengonfirmasi hal ini karena fitur ini baru di rilis dan saya baru mencobanya pagi ini. Jadi, saya harus menunggu 48 jam ke depan untuk membuktikannya.

Pembatasan waktu simpan selama 48 jam ini diberlakukan untuk menghindari pelanggaran hak cipta. What??? 🙂

Bagaimana menurut Anda? Apakah fitur nonton YouTube Offline ini membantu?

21 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.