Paint.NET - Software Alternatif Photoshop Gratis

smartphone_transparanSeorang pengolah gambar profesional pasti tahu Photoshop. Hingga tulisan ini dibuat, belum ada software pengolah gambar yang mampu menandingi Photoshop. Di tangan seorang profesioanl, Photoshop mamu mengubah gambar biasa menjadi luar biasa. Foto wajah yang buram bisa berubah kinclong. Bukan hanya mengolah gambar yang sudah ada, Photoshop juga mampu menciptakan gambar yang bisa memuaskan dahaga seorang profesional. Gambar-gambar khalayan, imajiner, dan hal kreatif lainnya mampu dikerjakan oleh Photoshop.

Ada banyak aplikasi pengolah gambar. Tapi seperti yang telah saya sebutkan bahwa tidak ada yang menyamai Photoshop. Jadi, jika Anda mencari alternatif yang sama persis, sangat sulit. Untuk pemula, beberapa software bisa menjadi alternatif, contohnya Paint.NET.

Paint.NET adalah perangkat lunak manipulasi gambar dan foto yang dirancang untuk digunakan pada komputer yang menjalankan Windows. Mendukung layer, unlimited undo (pembatalan tak terbatas), efek khusus, dan berbagai tool yang berguna dan powerfull.

BACA JUGA:  Google Street View Menyewa Unta Arab

Mulanya dikembangkan sebagai proyek desain perguruan tinggi untuk sarjana senior yang dibimbing oleh Microsoft, dan saat ini sedang dikelola oleh beberapa alumni yang semula bekerja padanya. Awalnya dimaksudkan sebagai pengganti software "MS Paint" yang dipaketkan dalam Windows, kemudian tumbuh menjadi tool untuk editing foto dan gambar yang powerfull namun sederhana. Yaaa...sebagai aternatif Photoshop untuk pemula. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat Paint.NET adalah C#, dengan sejumlah kecil C++ untuk instalasi dan shell-integration terkait fungsi.

BACA JUGA:  Samsung: iPhone 6 Plus Meniru Galaxy Note?

Ada banyak plug-in yang bisa ditambahkan ke dalam Paint.NET jika Anda ingin memiliki tool lebih banyak. Sebut saja untuk efek blur, efek garis tepi huruf, dan efek-efek lainnya. Anda bisa berkunjung ke laman forum Paint.NET untuk mendapatkan banyak plug-in.

http://forums.getpaint.net/index.php?/forum/7-plugins-publishing-only/

Untuk mengunduh software Paint.NET silahkan kunjungi laman berikut.

http://www.getpaint.net/download.html

Software ini cukup ringan, tetapi jika Anda menginstal banyak sekali plug-in maka Anda butuh RAM besar. Dengan kata lain, semakin banyak plug-in terinstal maka semakin berat software ini dijalakan.

Gambar paling atas adalah contoh foto dan gambar yang saya edit menggunakan Paint.NET, saya gabungkan foto saya dan gambar smartphone transparan dan menambahkan beberapa teks.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.