Rahasia Cara agar video di halaman 1 (pertama) di YouTube

Tren pemain adsense beralih ke Youtube makin hari maskin meningkat saja. Membuktikannya gampang, coba saja lihat acara tv mana yang tidak ada videonya di Youtube dan hampir semua menampilkan iklan. Bagi sebagian orang tentu ini menjadi pertanyaan sebesar apakah potensi uang di Youtube bagi para pencari uang di internet. Pepatah lama mengatakan โ€œdi mana ada gula di situ ada semutโ€, jadi gak mungkin dong orang berduyun-duyun beralih keYoutube kalo potensinya gak besar apalagi setelah ban massal tempo hari ๐Ÿ™‚

Nah kali ini saya sedikit membocorkan rahasia agar video kita muncul di halaman pertama hasil pencarian di YouTube. Sebelum lanjut berikut ini adalah screenshot video-videoย  salah satu klien saya yang meminta videonya di munculin di halaman pertama, di gambar tersebut anda bisa lihat berapa saingannya, lebih dari 7000 video.

Rahasia-Cara-agar-video-di-halaman-1-pertama-di-YoutubeTidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah cara yang saya gunakan agar video muncul di halaman pertama di Youtube.

  1. Tentukan kata kuncinya

Sama seperti yang lain, YouTube SEO juga mengunakan kata kunci tanpa itu artinya video kita tidak jelas maksud dan tujuannya. Untuk mencari kata kunci yang tepat mulailah mengetikkan ide/rencana kata kunci untuk video kita yang akan diupload di Youtube di google tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar potensi video kita muncul di halaman pertama Youtube. Sedikit bocoran: video yang mucul dipencarian google adalah video-video yang berkaitan dengan aktivitas teknis. Contoh, coba anda ketikkan di google kata kunci โ€œmembuat kueโ€, "menggunakan mesin jahit", "menggunakan jilbab", โ€œnaik sepedaโ€, "naik kuda". Saya yakin disetiap kata kunci itu pasti hasil pencariannya ada video dari Youtube. Pastikan ide/rencana kata kunci itu rata-rata pencariannya di atas 300 per bulan. Mengapa? hemmmm.... ๐Ÿ˜‰ Silahkan gunakan Google Keyword Planner untuk ngecek.

BACA JUGA:  Cara Melihat dan Copy Link Youtube di HP Android

Rahasia-Cara-agar-video-di-halaman-1-pertama-di-Youtube2Pada gambar di atas hasil pencarian di google untuk kata kunci scanner mobil adalah 480, artinya sudah di atas ambang batas yang saya sebutkan. Berarti potensinya muncul di halaman pertama YouTube besar.

  1. Membuat Video

Buatlah video anda semenarik mungkin dan jika dimungkinkan buatlah yang beresolusi HD dan minimal durasinya 5 menit. Tidak harus menyewa professional jika dana anda tidak cukup gunakan saja HP dan edit menggunakan Windows Movie Maker. Ingat YouTube bukan google, di Youtube video anda akan dinilai berdasarkan keterlibatan user salah satunya adalah seberapa lama orang menonton video anda (video retention). Makin tinggi retensinya maka YouTube menganggap video anda makin bagus dan layak.

  1. Upload Video
BACA JUGA:  Cara Melihat .Net Framework yang Terinstall di Komputer

Dalam mengupload video yang perlu di perhatikan adalah nama filenya pastikan mengandung kata kunci, judul video harus mengandung kata kunci dan letakkan di awal, deskripsi video juga harus mengandung kata kunci dan buat senatural mungkin jangan isinya kata kunci semua. Deskripsi sediktinya 250 kata dan megandung tiga sampai empat kata kunci. Jangan lupa untuk memasukkan link video tersebut pada baris pertama deskripsi video anda. Tag video juga harus mengandung kata kunci.

  1. Mendapatkan View (pemirsa)

Saran saya jangan gunakan jasa views, gunakan cara-cara yang baik. Rekomendasi saya linkkan video anda di Quora.com silahkan di tambah yang lain misalnya di forum-forum, social media seperti fb atau blog.

ย Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi ๐Ÿ™‚

Update: jika anda praktekkan cara ini dan belum berhasil silahkan hubungi saya melalu kolom komentar ๐Ÿ™‚

153 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.