[Review] Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926

Build terbaru Windows 10 saat ini adalah build 9926, masih Technical Preview. Dibandingkan build sebelumnya, banyak perbaikan dan penambahan dalam build kali ini. Kami sudah menginstall Windows 10 Technical Preview Build 9926, dan mari kita lihat apa saja yang baru pada build ini.

Cortana pada desktop: Cortana sudah menjadi bagian terintegrasi dari desktop Windows 10. Cortana adalah cara sekali klik pada taskbar yang membantu Anda menemukan apapun yang Anda butuhkan. Menemukan aplikasi, pengaturan, dan file serta pencarian web dengan mudah langsung dari taskbar. Anda dapat mengakses Cortana dengan suara Anda dengan mengklik ikon mikrofon, kemudian berbicara melalui mikrofon (mengingatkan saya pada Google Now). Bertanya tentang cuaca, olahraga, keuangan dan konten lainnya dari Bing. Jadi, fungsi Search pada Windows 8 dan Windows 10 build sebelumnya lebih kaya berkat Cortana atau dengan kata lain fungsi Search Windows 10 build 9926 adalah gabungan Cortana dan fitur Search.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Cortana

Si Smart Assistant ini juga bisa muncul ketika Anda panggil “Hey Cortana”, tetapi Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Apapun yang bisa dilakukan Cortana di Windows Phone, bisa juga dia lakukan di PC seperti menjawab pertanyaan, mengatur jadwal, mengirimkan email, dsb. Anda bisa melakukan pengaturan pada Cortana seperti mengubah nama Anda, mengaktifkan/menonaktifkan Cortana, membuat Cortana merespon waktu dipanggil, dsb. Pengaturan Cortana dapat diakses melalui Settings > System > Cortana and Search.

Saat ini Cortana hanya tersedia untuk AS dan Inggris saja. Oleh karena itu jika Anda menginstal Windows 10 build 9926 dan menyetel Time and Currency ke dalam Bahasa Indonesia maka fitur Cortana tidak akan berfungsi. Anda akan mendapati pesan "Cortana not available in this region" atau "Cortana is not available in your market" atau "I'm afraid I'm not available to help in your region". Anda juga harus beralih dari akun lokal ke akun Microsoft untuk mengaktifkan Cortana.

Perlu dicatat bahwa Cortana untuk desktop masih dalam tahap pengembangan, mungkin tidak bekerja seperti yang diharapkan. Tapi jangan khawatir, Microsoft berjanji akan membuat perbaikan pada build mendatang, menambahkan kemampuan baru dan akan tersedia lebih banyak bahasa.

Start Menu baru: Anda akan melihat beberapa perubahan besar pada menu Start dalam build ini, termasuk kemampuan untuk memperluas Start Menu ke layar penuh (Expand Start). Pekerjaan Microsoft pada bagian Start belum selesai, dan mereka sedang mempersiapkan lebih banyak perubahan yang akan muncul di build yang akan datang termasuk lebih personalisasi (dan transparansi), drag dan drop, Jump Lists, dan kemampuan untuk mengubah ukuran Start Menu.

Start Menu sekarang terlihat berada di layer belakang taskbar. Pada build sebelumnya Start Menu menempel kaku diatas taskbar.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Start Menu

Saat Anda klik "All Apps" akan ditampilkan aplikasi tersusun berdasarkan abjad.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - daftar aplikasi

Secara default daftar aplikasi di Start Menu juga menampilkan aplikasi yang paling sering digunakan (Most Used) dan aplikasi yang baru saja terinstall (Recently Added).

Grouping Live Tile di Start Menu: Live Tile di Start Menu sekarang bisa di grouping dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan fitur grouping ini untuk mengelompokkan live tile berdasarkan kategori apapun yang kamu inginkan.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - grouping tile

Continuum: Pada bulan September, Microsoft menunjukkan video tentang bagaimana Continuum memungkinkan Windows secara dinamis beradaptasi pada seluruh jenis perangkat yang berbeda.

Settings: "Settings" Windows sekarang adalah halaman khusus yang mudah ditelusuri yang mengingatkan Anda pada Control Panel. Pengaturan-pengaturan di kelompokkan di bawah icon-icon besar yang mudah dikenali. Anda juga dapat menggunakan pencarian dalam halaman Settings untuk menemukan pengaturan yang Anda inginkan. Ketik pencarian Anda dalam kolom "Find a setting" di sudut kanan atas jendela. Bahkan pencarian isi Control Panel yang tidak ada di Settings dapat dilakukan dari sini. Misalnya, aplikasi Uninstall a program.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Settings

Settings dapat diakses melalui ikon notifikasi di Taskbar sebelah jam atau melalui Start Menu.

BACA JUGA:  Cara Disable Update Otomatis Aplikasi Windows 10

Connect (Terhubung ke perangkat audio dan video nirkabel): Kini Anda dapat menemukan dan terhubung ke perangkat audio dan video nirkabel yang mendukung teknologi-seperti-Bluetooth dan Miracast dengan mudah. Anda dapat mengakses fitur Connect dengan mengklik tombol "Connect" di New Action Center, atau dengan menggunakan shortcut keyboard Windows + P. Pada panel Connect, Windows akan menemukan perangkat Miracast dan speaker Bluetooth terdekat, yang memungkinkan Anda untuk terhubung hanya dengan menyentuh atau klik. Langsung pairing ke perangkat sehingga Anda tidak perlu repot-repot pergi ke pengaturan.

Anda dapat mengakses fitur Connect melalui tombol notifikasi di Taskbar.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 -  Connect

Contoh berikut adalah perangkat yang ditemukan saat fitur Connect diaktifkan.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 -Connect

Aplikasi Photos dan Maps baru : Selain tampilannya yang terlihat lebih elegan dari sebelumnya aplikasi Photos kini hadir dengan fitur dan fungsi built-in baru. Aplikasi Photos akan menampilkan foto yang ada di lokal PC Anda, serta di OneDrive. Tidak hanya sebagai penampil foto, aplikasi Photos juga dapat mengedit foto Anda langsung dari aplikasi ini. Fitur image editor sudah bisa melakukan fungsi-fungsi dasar, misalnya memperbaiki kualitas foto dengan instan dan mudah. Fitur-fitur built-in tersebut adalah Basic fixes, Filters, Light, Color, Effects, Enhance, Rotate, Crop, Straighten, Red eye, dan Retouch. Menururt saya aplikasi Photos ini semacam gabungan antara Paint dengan Windows Photo Viewer.

Beberapa fitur dalam Photos belum bisa digunakan atau belum diaktifkan seperti kemampuan untuk membuat album.

Aplikasi Maps di Windows 10 Preview Build 9926 juga sudah diperbaiki. Mencari lokasi, rute, dan arah perjalanan menjadi jauh lebih mudah di versi yang baru ini.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Maps direction

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - maps

Windows Store Beta: Windows 10 build 9926 memiliki dua Windows Store, yaitu Windows Store asli (ubin berwarna hijau) dan Windows Store Beta (ubin berwarna abu-abu). Anda bisa lihat di Start Menu.

Windows Store Beta nantinya bakal menjadi aplikasi Store default di Windows 10 yang berlaku di seluruh perangkat berbasis Windows 10 seperti PC, tablet, ponsel, phablet, hybrid, smartphone, dan web. Mencari dan menemukan aplikasi dengan jauh lebih mudah.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Store beta

Namun perlu diingat bahwa statusnya masih beta, dimana ketersediaan apps belum banyak dan fitur yang bekerja hanya terbatas pada yang basic saja. Anda dapat menelusuri dan mencari, serta men-download aplikasi. Anda dapat membayar aplikasi dan game melalui kartu kredit internasional, gift card dan PayPal.

Anda dapat membeli aplikasi pada perangkat yang menjalankan Windows 8.1 dan menggunakan aplikasi tersebut di Windows 10 build ini, tetapi tidak sebaliknya.

Xbox: Pada rilis preview awal aplikasi Xbox, tim telah berfokus pada hal-hal dasar, termasuk dukungan monitor desktop resolusi tinggi, input keyboard dan mouse, dan akan terus menambah fungsionalitas baru sampai akhir tahun ini saat Windows 10 RTM dirilis.

Form Search di Taskbar: Kolom search di Start Menu telah dihilangkan dan digantikan dengan Search yang ada di taskbar. Kolom Search di taskbar dapat Anda gunakan untuk mencari dan menjalankan aplikasi, menemukan file dan dokumen, baik lokal maupun di web. Lihat fitur Cortana.

BACA JUGA:  Wanita Microsoft: Windows 10 Rilis 29 Juli 2015

Animasi Active Window di Taskbar: Ketika ada jendela aplikasi yang terbuka, Anda akan melihat garis tebal cerah dibawah ikon. Ketika Anda berpindah dari satu aplikasi aktif ke aplikasi lainnya, ada animasi halus yang terjadi.

Icon: Berbagai tampilan icon di Windows 10 Preview Build 9926 ini juga baru. Misalnya saja icon folder, notifikasi, sound, drive, network, This PC, dan berbagai icon lainnya. Silahkan lihat artikel ini untuk melihat seperti apa rupa icon-icon baru Windows 10 build 9926.

Action Center: Notification Center kini telah digantikan oleh Action Center tetapi judul barnya Notifications saja. Action Center ini nantinya bakal tersinkronisasi dengan perangkat Windows 10 lainnya, jika Anda punya.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Action center

Anda bisa buang notifikasi per item dengan cara drag notifikasi tersebut dan membuangnya ke kanan atau dengan klik tanda "X" atau klik "Clear All".

Anda bisa menampilkan pengaturan lainnya yaitu: Airplane mode, Location, VPN, dan Wifi dengan klik tombol Expand.

Tablet Mode: Bagi Anda pengguna Desktop atau Laptop tradisional (bukan perangkat sentuh) bisa mengaktifkan "Tablet Mode" untuk melihat bagaimana jendela-jendela beradaptasi dengan lebarnya layar.

Sebenarnya tanpa mengaktifkan Tablet Mode Anda bisa menguji bagaimana jendela-jendela menyesuaikan diri dengan lebar layar. Cobalah untuk menyempitkan lebar jendela, Anda akan melihat transisi penyesuaian yang mulus. Itu seperti sebuah halaman web responsif.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Tablet Mode

Saat  Tablet Mode diaktifkan, maka semua aplikasi akan menjadi full screen secara default, tujuannya tentu saja agar sesuai dengan perangkat Touch Screen.

Tombol Fullscreen di Modern Apps: Di title bar Modern Apps kini telah ditambahkan tombol full screen disamping tombol Maximize. Apa bedanya? Full Screen akan menampilkan jendela sepenuh layar. Taskbar dan title bar akan disembunyikan, hover mouse ke atas untuk menampilkan title bar atau ke bawah untuk menampilkan taskbar.

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - full screen

Animasi halus: Animasi di Windows 10 Preview Build 9926 jauh lebih halus dibandingkan build versi sebelumnya. Start Menu, pergerakan window, dan berbagai hal lainya sudah memiliki animasi yang konsisten, cantik, namun tetap simple. Sangat mirip dengan tablet.

Aplikasi Calculator baru: Seperti yang sudah berhasil kita temukan di Windows 10 Preview Build 9901 sebelumnya, Microsoft telah mengganti aplikasi Calculator dengan versi yang lebih metro. Sangat mirip dengan smart phone atau tablet, bukan?

Fitur-fitur Baru Windows 10 Build 9926 - Calculator

Progress Bar Windows Update: Windows Update tidak hanya pindah tempat tetapi juga perubahan tampilan. Sebelumnya progress bar update hanya animasi biasa saja tanpa informasi apapun. Kini Anda bisa melihat kemajuan proses update dalam angka, sudah berapa persen update berjalan.

progress bar windows update

Selamat tinggal Charms Bar: Sayang sekali charms bar harus mati di Windows 10. Tetapi ini adalah salah satu fitur Windows yang banyak di kritik karena dianggap mengganggu. Tidaka ada lagi charms bar di Windows 10 build 9926.

Simpulan, fitur-fitur baru di Windows 10 Build 9926 (changelog):

  1. Start Menu baru
  2. Cortana di Desktop
  3. Tablet Mode (aka Continuum)
  4. App Settings baru
  5. Notification Center atau Action Center baru
  6. App Modern (Metro) baru seperti Photos, Maps, Xbox
  7. Ditambahkan Windows Store beta
  8. Progress bar untuk Windows Update
  9. Ditambahkan tombol full screen di titlebar app Modern
  10. Charms Bar dihapus
  11. Ikon dan animasi baru.

Itulah review lengkap tentang fitur dan penampilan terbaru Windows 10 Preview Build 9926. Tetapi tentu masih ada hal lain yang luput dari perhatian kami. Kami akan sangat sengat bila Anda mau berbagi tip dengan kami 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.