Shortcut Keyboard Baru Windows 10

Shortcut keyboard atau biasa juga disebut hotkey sudah lazim bagi pengguna keyboard Windows. Hotkey sangat penting untuk meningkatkan kegunaan dan produktifitas software. Mereka menghemat waktu Anda. Misalnya, untuk menampilkan Start Screen (di Windows 8) atau Start Menu (di Windows 7 juga Windows 10) cukup menekan tombol berlogo Windows di keyboard. Ini tentu lebih mudah dan cepat dibandingkan klik mouse.  Windows 10, OS baru dari Microsoft, Start Menu yang diperbarui juga, desktop virtual juga, dan beberapa pembaruan GUI. Disamping perubahan-perubahan tersebut, Windows 10 juga membawa sekumpulan hotkey-hotkey baru yang sudah saya coba dan akan saya share pada artikel kali ini. Tidak banyak tapi lumayan untuk menambah pengalaman baru bersama Windows terbaru 🙂

BACA JUGA:  Rilis Windows 10 Build 14393.576 Cabang Stabil

Shortcut_keyboard_windows_10

Hotkey-hotkey berikut telah ditambahkan ke Windows 10:

  • Buat desktop virtual baru: Win + Ctrl + D.
  • Beralih desktop virtual aktif: Win + Ctrl + Kiri (panah kiri) atau Kanan (panah kanan).
  • Tutup desktop virtual yang sekarang (current): Win + Ctrl + F4.
  • Snapping window*: Win + Kiri atau Kanan (gunakan UP atau DOWN untuk menjadikannya kuadran: 1/2 x 1/2 layar)
  • Beralih ke jendela-jendela yang sudah dibuka (recent window): tahan Alt + Tab untuk melihat jendela kerja, lepas tombol Alt untuk beralih ke aplikasi.
  • Task view: Win + Tab.
BACA JUGA:  HoloLens, Kacamata 3D Super Canggih Microsoft

Itu saja! Akankah Microsoft menambahkan lebih banyak shortcut keyboard pada rilis akhir Windows 10? Semoga. Kita tunggu saja.

*Snapping window, untuk padanan kata dalam bahasa Indonesia saya lebih suka memadankannya dengan "jendela hempasan" atau jendela yang dihempaskan - ke kiri, kanan, atas, atau bawah. Anda punya padanan lebih bagus? Beritahu saya melalui kotak komentar.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.