Set Top Box Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Set top box atau STB adalah perangkat yang dapat mengubah sinyal siaran TV digital menjadi sinyal yang dapat ditampilkan oleh TV analog. Dengan menggunakan set top box, Anda dapat menikmati tayangan TV digital yang lebih jernih, stabil, dan beragam di TV lama Anda. Set top box juga memiliki fitur tambahan, seperti merekam siaran, memutar video dari USB, atau mengakses internet.

Namun, tidak semua set top box memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar siaran digital di Indonesia. Oleh karena itu, Anda perlu memilih set top box yang tepat agar dapat menonton TV digital dengan nyaman dan optimal. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih set top box terbaik, serta merekomendasikan 10 produk set top box terbaik yang dapat Anda beli di tahun 2023.

Cara Memilih Set Top Box Terbaik

Sebelum membeli set top box, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti spesifikasi, kompatibilitas, merek, dan harga. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Periksa Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Set top box memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung pada fitur dan fungsi yang ditawarkan. Beberapa spesifikasi yang perlu Anda cek adalah:

  • Resolusi: Resolusi adalah ukuran kualitas gambar yang ditampilkan oleh set top box. Resolusi yang tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail. Resolusi set top box biasanya berkisar antara 480p hingga 1080p. Jika TV Anda mendukung resolusi tinggi, pilihlah set top box yang memiliki resolusi setidaknya 720p atau lebih.
  • Koneksi: Koneksi adalah cara set top box menghubungkan sinyal siaran digital ke TV Anda. Ada dua jenis koneksi yang umum digunakan, yaitu RCA dan HDMI. RCA adalah koneksi analog yang menggunakan tiga kabel berwarna merah, putih, dan kuning. HDMI adalah koneksi digital yang menggunakan satu kabel berbentuk pipih. HDMI dapat menghasilkan gambar dan suara yang lebih baik daripada RCA, tetapi hanya kompatibel dengan TV yang memiliki port HDMI. Jika TV Anda memiliki port HDMI, pilihlah set top box yang mendukung koneksi HDMI. Jika tidak, pilihlah set top box yang mendukung koneksi RCA.
  • Memori: Memori adalah kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh set top box. Memori yang besar akan memungkinkan Anda untuk merekam siaran TV, memutar video dari USB, atau menginstal aplikasi. Memori set top box biasanya berkisar antara 4 GB hingga 32 GB. Jika Anda ingin menggunakan fitur-fitur tersebut, pilihlah set top box yang memiliki memori yang cukup.
  • Wi-Fi: Wi-Fi adalah fitur yang memungkinkan set top box untuk terhubung dengan internet. Dengan Wi-Fi, Anda dapat mengakses berbagai layanan online, seperti YouTube, Netflix, atau browser. Wi-Fi set top box biasanya menggunakan dongle Wi-Fi yang dicolokkan ke port USB. Jika Anda ingin menonton konten online, pilihlah set top box yang memiliki fitur Wi-Fi atau mendukung dongle Wi-Fi.

Pastikan Produknya Mendukung Siaran Digital di Indonesia

Siaran TV digital di Indonesia menggunakan standar DVB-T2, yang merupakan singkatan dari Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial. Standar ini menentukan format dan kualitas sinyal siaran digital yang digunakan di Indonesia. Jika set top box Anda tidak mendukung standar ini, Anda tidak akan dapat menonton siaran TV digital dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan produk set top box yang Anda beli sudah mendukung standar DVB-T2. Anda dapat mengeceknya dengan melihat label atau keterangan produk yang ada di kemasan atau situs penjual. Jika tidak ada keterangan, Anda dapat menghubungi produsen atau penjual untuk memastikannya.

Pertimbangkan Merek Rekomendasi Kominfo

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengaturan dan pengawasan siaran TV digital di Indonesia. Kominfo juga memberikan rekomendasi merek set top box yang sudah teruji kualitas dan kompatibilitasnya dengan standar siaran digital di Indonesia.

Beberapa merek set top box yang direkomendasikan oleh Kominfo adalah:

  • ADVANCE
  • AKARI
  • EVINIX
  • GOLDSAT
  • MATRIX
  • POLYTRON
  • VENUS
  • VIDIOCOM
  • WELHOME
  • ZTE

Jika Anda ingin membeli set top box yang sudah terjamin kualitasnya, Anda dapat mempertimbangkan merek-merek tersebut. Namun, Anda juga dapat memilih merek lain yang belum direkomendasikan oleh Kominfo, asalkan sudah mendukung standar DVB-T2 dan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

BACA JUGA:  Apa itu Harddisk atau Cakram Keras?

10 Rekomendasi Set Top Box Terbaik di Tahun 2023

Setelah mengetahui cara memilih set top box terbaik, sekarang saatnya untuk melihat beberapa produk set top box terbaik yang dapat Anda beli di tahun 2023. Berikut adalah 10 rekomendasi set top box terbaik dari kami, beserta harga dan ulasannya:

1. ADVANCE Set Top Box DVB-T2 STP A01

 

ADVANCE Set Top Box DVB-T2 STP A01 adalah produk set top box yang direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 4 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur EPG (Electronic Program Guide) yang dapat menampilkan jadwal siaran TV digital.

Produk ini memiliki desain yang simpel dan elegan, dengan warna hitam dan biru. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang mudah digunakan. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang berkualitas dan terjangkau.

Harga: Rp 199.000

2. MATRIX Apple DVB-T2 HD

 

MATRIX Apple DVB-T2 HD adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 8 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur PVR (Personal Video Recorder) yang dapat merekam siaran TV digital ke USB.

Produk ini memiliki desain yang minimalis dan modern, dengan warna putih dan hitam. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang ergonomis dan multifungsi. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang canggih dan multifungsi.

Harga: Rp 249.000

3. EVINIX Set Top Box H-1

 

EVINIX Set Top Box H-1 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 8 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur media player yang dapat memutar video, musik, dan foto dari USB.

Produk ini memiliki desain yang kompak dan ringan, dengan warna hitam dan merah. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang praktis dan responsif. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang ringkas dan handal.

Harga: Rp 229.000

4. GOLDSAT Revo DVB T2

 

GOLDSAT Revo DVB T2 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 8 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur time shift (Time Shift) yang dapat menunda siaran TV digital sesuai keinginan Anda.

Produk ini memiliki desain yang futuristik dan elegan, dengan warna hitam dan silver. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang stylish dan mudah digunakan. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang elegan dan inovatif.

Harga: Rp 269.000

5. POLYTRON Set Top Box DVB-T2 PDB 6000

![POLYTRON Set Top Box DVB-T2 PDB 6000]

POLYTRON Set Top Box DVB-T2 PDB 6000 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 8 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur smart TV yang dapat mengakses berbagai aplikasi online, seperti YouTube, Netflix, Facebook, dan lainnya.

Produk ini memiliki desain yang premium dan mewah, dengan warna hitam dan emas. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang elegan dan multifungsi. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang mewah dan pintar.

Harga: Rp 299.000

6. VENUS Set Top Box DVB-T2 VSTB 100

![VENUS Set Top Box DVB-T2 VSTB 100]

VENUS Set Top Box DVB-T2 VSTB 100 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 8 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur game yang dapat memainkan berbagai permainan dari USB.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Password Modem IndiHome Ketika Telnet Tidak Bisa

Produk ini memiliki desain yang sporty dan dinamis, dengan warna hitam dan hijau. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang nyaman dan fun. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang sporty dan fun.

Harga: Rp 239.000

7. VIDIOCOM Set Top Box DVB-T2 VC 888

![VIDIOCOM Set Top Box DVB-T2 VC 888]

VIDIOCOM Set Top Box DVB-T2 VC 888 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 16 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur karaoke yang dapat menyanyikan lagu-lagu dari USB.

Produk ini memiliki desain yang keren dan trendy, dengan warna hitam dan merah. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang keren dan trendy. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang keren dan trendy.

Harga: Rp 279.000

8. WELHOME Set Top Box DVB-T2 WH 888

![WELHOME Set Top Box DVB-T2 WH 888]

WELHOME Set Top Box DVB-T2 WH 888 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 16 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur learning yang dapat belajar berbagai hal dari USB.

Produk ini memiliki desain yang simpel dan elegan, dengan warna putih dan biru. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang simpel dan elegan. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang simpel dan elegan.

Harga: Rp 259.000

9. ZTE Set Top Box DVB-T2 ZXV10 B710S

![ZTE Set Top Box DVB-T2 ZXV10 B710S]

ZTE Set Top Box DVB-T2 ZXV10 B710S adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 32 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur Android TV yang dapat mengakses berbagai aplikasi dan layanan Google, seperti Google Play, Google Assistant, Google Photos, dan lainnya.

Produk ini memiliki desain yang modern dan minimalis, dengan warna hitam dan abu-abu. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang modern dan minimalis. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang modern dan minimalis.

Harga: Rp 329.000

10. AKARI Set Top Box DVB-T2 ADT 888

![AKARI Set Top Box DVB-T2 ADT 888]

AKARI Set Top Box DVB-T2 ADT 888 adalah produk set top box yang juga direkomendasikan oleh Kominfo. Produk ini memiliki resolusi hingga 1080p, koneksi RCA dan HDMI, memori 32 GB, dan mendukung dongle Wi-Fi. Produk ini juga memiliki fitur IPTV yang dapat menonton berbagai saluran TV online dari seluruh dunia.

Produk ini memiliki desain yang unik dan menarik, dengan warna hitam dan kuning. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control yang unik dan menarik. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari set top box yang unik dan menarik.

Harga: Rp 349.000

Kesimpulan

Set top box adalah perangkat yang dapat mengubah sinyal siaran TV digital menjadi sinyal yang dapat ditampilkan oleh TV analog. Dengan menggunakan set top box, Anda dapat menikmati tayangan TV digital yang lebih jernih, stabil, dan beragam di TV lama Anda. Set top box juga memiliki fitur tambahan, seperti merekam siaran, memutar video dari USB, atau mengakses internet.

Untuk memilih set top box terbaik, Anda perlu memperhatikan spesifikasi, kompatibilitas, merek, dan harga. Anda juga dapat mempertimbangkan merek set top box yang direkomendasikan oleh Kominfo, yang sudah teruji kualitas dan kompatibilitasnya dengan standar siaran digital di Indonesia.

Kami telah memberikan 10 rekomendasi set top box terbaik yang dapat Anda beli di tahun 2023, dengan berbagai fitur dan harga. Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menonton TV digital!

Check Also

Download Driver Acer Aspire One 722 GRATIS Semua Versi Windows Terpecahkan!

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan laptop Acer Aspire One 722 Anda? Apakah Anda kesulitan menemukan …

close