Shortcut Keyboard untuk Task View Windows 10

Task View Windows 10Windows 10 adalah versi pertama Windows yang memiliki virtual desktop, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk fungsi dasar virtual desktop. Adapun distro Linux sudah lebih dulu menggunakan fitur semacam ini. Meskipun begitu, sebenarnya fitur virtual desktop bukanlah hal yang benar-benar baru bagi sistem operasi Windows dan bahkan tidak eksklusif untuk Windows 10. Kemampuan untuk memiliki beberapa desktop virtual sudah ada di Windows sejak Windows 2000 di tingkat API. Beberapa aplikasi pihak ketiga telah menggunakan API tersebut untuk menyediakan virtual desktop. Jadi, Tapi akhirnya pada Windows 10 fitur ini mendapat diimplementasikan dalam bentuk user-friendly bagi pengguna akhir.

BACA JUGA:  Update Baru Windows 10 Version 1511 (KB3116900)

Pada Windows 10, fitur ini disebut "Task View". Pengguna dapat mengatur jendela dan aplikasi antar desktop virtual. Anda dapat mengakses fitur ini menggunakan tombol khusus yang ada di taskbar, bersebelahan dengan kotak Search. Namun, seperti biasa, mouse bukan satu-satunya alat navigasi di Windows. Keyboard menjadi alternatif lain yang lebih efektif dan produktif. Anda dapat menghemat banyak waktu dalam hal mengelola virtual desktop menggunakan hotkeys. Berikut adalah daftar shortcut keyboard (hotkeys) yang dapat digunakan untuk memudahkan mengatur fungsi Task View di Windows 10.

  • Win + Tab - membuka Task View.
  • Esc menutup layar Task View.
  • ← dan → - navigasi antar thumbnail jendela di Task View yang terbuka.
  • Shift + F10 - membuka menu konteks thumbnail jendela yang aktif. Dari sana Anda dapat beralih ke desktop virtual lain atau menutupnya. Shortcut keyboard ini berfungsi pada saat Task View terbuka.
  • Win + Ctrl + → dan Win + Ctrl + ← - beralih antar desktop virtual.
  • Win + Ctrl + F4 - menutup desktop virtual saat ini.
  • Win + Ctrl + D - membuat desktop virtual baru.
BACA JUGA:  Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Windows 10

Itu saja. Anda dapat menambahkannya melalui kolom komentar.

One Response

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.