Siapa Saja yang Akan Mendapatkan Windows 10 Gratis?

Desktop Windows 10 RTM Build 10240

Desktop Windows 10 RTM Build 10240

Awalnya orang menyangsikan apakah Window 10 akan benar-benar gratis karena hal semacam ini belum pernah terjadi pada Windows versi-versi sebelumnya. Beberapa waktu yang lalu Microsoft mengumumkan tentang ketersediaan Windows 10 rilis final (versi RTM) untuk Windows Insiders dan ini menciptakan kebingungan banyak orang. Apalagi salinan Windows 10 tersebut akan diaktifkan (activated) permanen. Lalu, apakah pengguna Windows 7 dan 8/8.1 harus ikut program Windows Insider untuk mendapatkan Windows 10 gratis atau dapat langsung upgrade tanpa harus ikut Windows Insider?

Apakah Windows 10 benar-benar gratis untuk semua orang? Bagaimana dengan pengguna Windows bajakan, bisakah upgrade ke Windows 10 secara gratis? Atau apakah Windows 10 gratis dalam kondisi tertentu saja?

Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana Windows 10 gratis sebenarnya.

Sebelumnya kami sudah memuat tentang artikel bagaimana mendapatkan Windows 10 gratis yang dapat Anda baca melalui link berikut: Cara Mendapatkan Windows 10 Gratis.

Microsoft telah menjelaskan bahwa hanya pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 asli yang dapat meng-upgrade ke Windows 10 secara gratis dalam waktu satu tahun dari peluncuran Windows 10 sebagai bagian dari tawaran gratis upgrade.

Jadi bagaimana dengan pengumuman sebelumnya yang diklaim memberikan salinan Windows 10 versi final gratis dan diaktifkan untuk Windows Insiders?

Untuk menghapus semua kebingungan, pada artikel kali ini kami akan memberitahu Anda siapa saja yang akan mendapatkan Windows 10 gratis dan yang siapa yang tidak.

Pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 Asli: YA

Semua pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang menggunakan versi Windows asli dan telah diaktifkan, 100% akan mendapatkan Windows 10 gratis tetapi hanya dalam waktu 1 tahun sejak peluncuran. Setelah Anda meng-upgrade komputer Anda ke Windows 10 pada tahun pertama itu, Anda akan dapat menggunakan Windows 10 selamanya pada perangkat tanpa biaya tambahan.

BACA JUGA:  Windows Defender Offline untuk Windows 10 dan Windows 7

Windows Insiders: YA dan TIDAK

Sekarang mari kita bicara tentang Windows Insiders, orang-orang yang membantu Microsoft dalam pengujian Windows 10 Preview build (Windows 10 bangun pratinjau) dengan menginstal OS tersebut di komputer mereka. Secara berkala sistem akan mengirimkan laporan bug dan umpan balik kepada Microsoft.

Windows Insiders juga akan mendapatkan salinan gratis dari Windows 10 rilis final pada 29 Juli 2015 tapi itu akan menjadi sedikit berbeda dari Windows 10 salinan yang akan diberikan ke pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 asliĀ atau mereka yang membeli Windows 10 dari Microsoft store atau pasar lokal.

Salinan Windows 10 gratis yang akan diberikan ke Windows Insiders akan berisi bom waktu. Dengan kata lain, akan ada tanggal kadaluwarsa dan setelah tanggal kadaluwarsa tiba, Windows 10 akan berhenti bekerja dan tidak akan memungkinkan pengguna untuk login.

Jadi itu akan bekerja seperti build pengujian (testing build) Windows 10. Anda dapat menganggapnya sebagai versi percobaan atau evaluasi Windows 10.

Tapi ada bagusnya! Pertama tanggal kadaluwarsa biasanya mencakup 6-8 bulan, waktu yang cukup menikmati pengalaman menggunakan salinan gratis Windows 10.

Hal baik kedua adalah bahwa Microsoft akan terus merilis Windows 10 preview build atau Windows versi berikutnya, sehingga Anda secara otomatis akan menerima mereka pra-rilis build baru Windows 10 sebagai bagian dari program Windows Insiders. Setelah Anda menginstal testing build baru, tanggal kadaluwarsa secara otomatis akan dilanjutkan ke tanggal baru. Pada saat testing build yang lebih tua dari Windows 10 kadaluwarsa, Anda akan menerima testing build baru untuk diinstal dan digunakan.

BACA JUGA:  Tutorial Lengkap Start Menu Windows 10

Tapi ada beberapa kelemahan juga! Pertama, karena ini build dirilis untuk tujuan pengujian, mereka mungkin mengandung bug dan masalah, sehingga Anda akan selalu memiliki resiko kehilangan data dan crash.

Masalah kedua adalah bahwa Anda harus tetap berada dalam program Windows Insider untuk dapat menerima build windows yang lebih baru untuk memperpanjang tanggal kadaluwarsa. Jika Anda memutuskan untuk keluar dari program Windows Insider, Anda harus membeli Windows 10 atau kembali Windows 7 atau Windows 8.1 tentu saja.

CATATAN: Jika Anda awalnya upgrade ke Windows 10 preview build dari Windows 7 atau Windows 8.1 asli dan kemudian Anda memutuskan untuk meninggalkan program Windows Insiders, copy Windows 10 Anda akan tetap asli dan diaktifkan sebagai bagian dari tawaran gratis upgrade untuk Windows 7 atau pengguna 8.1 asli.

Tapi jika Anda melakukan instalasi bersih Windows 10 preview build dan kemudian Anda memutuskan untuk meninggalkan program Windows Insider, Anda harus membeli lisensi Windows 10 atau menginstal Windows versi sebelumnya.

Bajakan: TIDAK

Windows bajakan tidak akan pernah mendapatkan versi Windows asli gratis. Bajakan akan memiliki 2 pilihan:

  1. Membeli lisensi Windows 10.
  2. Bergabung dengan Windows Insiders program dan menginstal Windows 10 build pra-rilis.

Sekian.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.