Solusi Cepat Perbaiki Jaringan Wi-Fi Bermasalah

masalah-wifi
Wi-Fi menghilangkan ketergantungan koneksi menggunakan kabel. Tetapi koneksi Wi-Fi kadang-kadang mengalami gangguan, kadang koneksinya lancar akan tetapi terkadang koneksinya bisa sangat lambat atau bahkan tidak ada koneksi (sinyal Wi-Fi hilang). Tapi anda tidak perlu khawatir berlebihan, perangkat secanggih dan semahal apapun bisa mengalami gangguan. Jaringan nirkabel ini memang cukup sensitif dan jika hal buruk terjadi pada jaringan WiFi yang anda gunakan, anda hanya perlu memeriksa perangkat Router saja. Mulai dari posisi hingga pengaturan Router cukup berpengaruh pada lancar atau tidaknya jaringan Wi-Fi Anda.

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang menjadi solusi cepat untuk memperbaiki jaringan Wi-Fi yang bermasalah.

  1. Restart Router
    Penggunaan yang cukup lama (terus menerus tanpa henti) dapat menyebabkan performa Router Wi-Fi menurun, mungkin karena perangkat menjadi panas atau hal lain. Solusinya mudah, cukup cabut sambungan ke listrik dan biarkan beberapa saat (2-3 menit) kemudian sambungkan kembali.
  2. Mengecek Posisi Router
    Posisi Router memang terkesan sepele namun hal ini sebenarnya memiliki pengaruh cukup besar. Router bekerja mengirimkan sinyal keseluruh arah, oleh karena itu sebaiknya letakkan Router pada area tengah ruangan agar sinyal yang dikirimkan akan lebih merata dan tidak terbuang sia-sia.
  3. Jangan Disimpan Di Lantai
    Jangan menyimpan Router di lantai, sebaiknya letakkan Router di tempat yang lebih tinggi seperti di atas lemari atau meja.
  4. Simpan di Tempat Terbuka
    Benda-benda padat seperti tembok, bahkan mebel atau lemari dapat mereduksi pancaran sinyal Wi-Fi. Sebaiknya Anda menyimpan Router di tempat yang lebih terbuka agar pemancaran sinyal dapat lebih bebas dan maksimal. Pilih tempat yang lega, bebas himpitan benda dan jangan pula menyimpannya di dalam lemari (saya yakin Anda tidak menyimpannya dalam lemari hehe..).
  5. Hindarkan Dari Alat Elektronik
    Sebisa mungkin Anda meletakkan Router jauh dari perangkat Elektronik lain seperti TV, Telepon nirkabel, atau peralatan yang mengandung elektromagnetik lainnya. Hal ini dikarenakan golambang elektromagnetik yang dihasilkan oleh peralatan tersebut dapat mengganggu dan melemahkan pancaran sinyal dari Router.
  6. Hindarkan Interferensi dengan Wi-Fi Tetangga
    Apakah laptop Anda menangkap banyak sinyal Wi-Fi? Sebagian besar pengguna rumah membeli jenis router yang serupa. Sebagian besar pengguna juga tidak pernah men-tweak pengaturan mereka, dan sebagian besar router menggunakan saluran default yang sama. Saatnya untuk beralih saluran.
  7. Atur Antena Pada Posisi Berdiri
    Pastikan antena Router berdiri tegak atau berada pada posisi vertikal, karena antena router memancarkan sinyal dari sisinya secara horizontal. Posisi vertikal menjadikan sinyal Wi-Fi yang terpancar akan lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.
  8. Pengaturan Software Router
    Periksa software perangkat router. Anda dapat merubah settingan tertentu yang dapat mempercepat dan memperkuat pancaran sinyal Wi-Fi pada menu pengaturan. Akses ini dapat dibuka melalui IP khusus yang dapat anda lihat pada bagian bawah Router atau pada panduan yang biasanya terdapat didalam Box Router tersebut. Setelah berhasil masuk kedalam Software tersebut, ubahlah pengaturan Channel Frekuensi Router. Biasanya ada 14 Channel yang tersedia, Channel terbaik yang biasanya digunakan adalah 1, 6 dan 11. Channel ini cenderung minim terkena gangguan. Selain mengatur channel cek juga Update Firmware pada Router tersebut, Update Firmware dapan memperbaiki kinerja dari perangkat tersebut.
  9. Hubungi Provider
    Jika jaringan anda bermasalah segera hubungi provider yang Anda gunakan, tanyakan apakah jaringan internet yang digunakan sedang mengalami gangguan atau tidak. Hal ini hanya untuk memastikan gangguan jaringan terjadi karena perangkat di rumah Anda bermasalah atau memang sedang terjadi gangguan jaringan provider. Jangan segan-segan menghubungi mereka karena Anda berhak mendapat pelayanan terbaik.
  10. Cek Kondisi Router
    Jika seluruh langkah telah dicoba akan tetapi jaringan anda masih mengalami gangguan atau anda masih merasa koneksi masih lambat lakukan pengecekan terhadap kondisi perangkat Router yang anda gunakan. Ada kemungkinan perangkat Router anda yang bermasalah.
BACA JUGA:  Cara Update Offline Windows Defender di Windows 8/8.1

Itu dia tadi beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan jika Anda merasa jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan mengalami gangguan atau penurunan kecepatan. Semoga informasi tadi dapat membantu Anda.

Anda punya saran lain? Beritahu kami melalui kotak komentar. Kami akan senang mengetahuinya 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.