Start Menu Terbaik untuk Windows 8 - Return the Start Button to Windows 8

Saya sudah mencoba beberapa start menu windows 8 milik pihak ketiga (third party) untuk mengembalikan start button alias Start Menu seperti milik windows 7. Beberapa diantaranya telah menyesuaikan antarmuka semirip mungkin dengan metro UI Windows 8, bahkan ada yang dibuat sangat cantik lebih dari windows 8 itu sendiri. Sayangnya justru tampilan yang demikian tidak mengembalikan fungsi start button seperti yang diharapkan malah menambah kerumitan baru. Selain itu, salah satu third party tadi memiliki bug yang cukup fatal. Berikut ulasan beberapa start menu terbaik yang dapat kamu pilih.

Dari beberapa third party yang telah saya jajal hanya ada tiga yang paling bagus dan dapat mengembalikan dengan persis start menu windows 7 bahkan lebih baik dan lebih kaya fitur. Ketiganya adalah Classic ShellStart8™ dan Start Menu Reviver.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Start8™ adalah:

  • Pencarian aplikasi Windows 8 gaya Modern UI
  • Pin desktop dan aplikasi Metro ke start menu
  • Dukungan Jump List
  • Unified Search untuk aplikasi, settings dan files
  • Boot langsung ke desktop Windows 8 (bukan ke Modern UI)
  • Akses sekali klik  untuk shutdown, devices, music, documents, dan videos
  • Selebihnya lihat di SINI

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Classic Shell adalah:

  • Start menu yang mudah dikustomisasi  dengan bermacam gaya dan tampilan
  • Start button untuk Windows 7 dan Windows 8
  • Toolbar dan status bar untuk Windows Explorer
  • Caption dan status bar untuk Internet Explorer
  • Selebihnya lihat di SINI
BACA JUGA:  Sambungkan Windows 8.1/Android Anda ke HDTV

Kamu yang baru beralih ke Windows 8 dan tidak menyukai ModernUI-nya, software ini sangat membantu. Perlu dicatat bahwa Start8™ trial 30 hari dapat dibeli dengan harga $4,99 sedangkan Classic Shell benar-benar gratis. Saya menggunakan Classic Shell untuk beberapa teman yang saya install kan Windows 8.
Update 01 Juni 2013

Teman kita Rasito Rastam pagi ini merekomendasikan Start Menu Reviver untuk menambahkan start menu pada Windows 8. Saya langsung mencoba start menu ini di laptop non layar sentuh dan ternyata memang sangat bagus. Fiturnya sangat lengkap dan dapat disesuaikan. Layar utamanya menampilkan (saya menybutnya) tiga panel utama yaitu panel kiri, panel tengah, dan panel kanan.

Panel kiri memuat jalan pintas (shortcut) paling mendasar dan penting. Shortcut tersebut adalah Settings, Network, Recent, Search, Tasks (fungsi yang sama ketika kamu menekan Alt+Tab), Run, dan Apps. Sedangkan panel tengah memuat shortcut aplikasi dalam bentuk tiles (ubin-ubin), misalnya Dashboard modern style, Internet, Webcam, Excel, Kalender, dan aplikasi lain yang bisa kamu tambahkan atau buang sesuka hati.

Tips: Jika kamu ingin menghapus sebuah shortcut dari panel kanan maka klik kanan shortcut tersebut kemudian klik Reset tile, untuk menambahkan sebuah shortcut silahkan klik tile yang kosong, maka akan terbuka aplikasi yang kamu miliki, seret ke tile yang kosong tadi. Adapun panel kanan hanya akan keluar jika kamu klik tile kosong atau menggeser pointer mouse ke arah kanan luar. Panel kanan menampilkan lebih banyak lagi aplikasi berdasarkan kelompok-kelompok tertentu, yaitu All applications, Modern Apps, Desktop Apps, Start Menu Folder, My Documents, Custom, dan Recent Items.

BACA JUGA:  Tutorial Start Screen Windows 8.1

Sekali lagi, start menu ini cukup bagus karena selain sudah mendukung touchscreen fitur start menu ini sangat lengkap dan pengaturan serta pemakaiannya yang mudah dan yang paling menggembirakan adalah harganya gratis.

Kesimpulannya, start menu terbaik untuk Windows 8 adalah Classic Shell, Start8™, dan Start Menu Reviver. Saya merekomendasikan Classic Shell dan Start8™ untuk perangkat non touch screen sedangkan Start Menu Reviver kurang praktis untuk untuk non touch screen.

Mengapa saya merekomendasikan hanya Classic Shell dan Start8™ saja? Jawabannya adalah karena praktis. Hanya dengan mengarahkan pointer mouse ke All Programs maka semua aplikasi dapat dijelajahi dengan mudah tanpa klik, dan ini tidak terjadi pada Start Menu Reviver.

Apa sich yang dirindukan orang pada start menu saat dia menggunakan Windows 8 kalau bukan karena kemudahan start menu itu? Sorot, sorot, dan klik, selesai!

Saran. Cobalah StartIsBack, sejauh ini program ini juga sangat baik, untuk versi berbayar ini yang paling bagus menurut saya.

7 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.