Tip dan Trik Mempercepat Android Tanpa Aplikasi

Robot AndroidBeberapa Tip dan trik yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan smartphone Android atau tablet tanpa aplikasi pihak ketiga. Sebagian besar pilihan pada tip dan trik kali ini perlu mengaktifkan opsi Developer Options pada perangkat Anda. Untuk melakukan hal ini, pergilah ke Settings> About Phone/Tablet dan kemudian tekan (sentuh) pada Build Number sampai muncul pesan yang menunjukkan bahwa "pilihan pengembang" (Developer Options) telah diaktifkan.

Mempercepat animasi

Efek animasi adalah hal yang menarik terutama bagi mereka yang menikmati daya tarik visual, tetapi efek-efek animasi dapat memperlambat sistem. Untungnya, Anda dapat memperlambat animasi atau bahkan mematikannya jika Anda mau. Pergilah ke Developer Options, kemudian gulir ke bawah sampai Anda mendapatkan Skala animasi jendela , Skala animasi transisi, dan Skala durasi animator. Untuk masing-masing, Anda dapat menurunkan animasi dari 1.0x menjadi 0.5x atau bahkan mematikannya. Ketika Anda melakukan ini, Anda akan melihat bahwa menu dan transisi akan muncul lebih cepat dan konsekuensinya akan mengurangi keindahannya. Jika Anda sangat menyukai efek animasinya mungkin Anda bisa berkompromi dengan diri sendiri, mengalah untuk lebih sedikit lebih lambat demi keindahan.

Bersihkan cache peramban (browser cache)

Cache pada dasarnya adalah kolam informasi browser mengacu pada halaman web untuk membantu memuat lebih cepat halaman web yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Namun, seiring waktu, cache dapat menjadi berat dalam hal ukuran dan dapat memiliki banyak data lama yang sudah usang yang tidak sedang digunakan lagi oleh browser.

BACA JUGA:  Cara Update Android Versi Resmi/Official Lewat Ponsel

Apapun browser yang Anda gunakan pada Android, Anda dapat menghapus cache. Secara umum, pilihan ini diberikan kepada Anda dalam Pengaturan browser, temukan judul mengontrol privasi dan browsing history.

Buang aplikasi dan proses yang tidak dibutuhkan

Android memang memiliki sistem manajemen daya built in, tapi itu tidak selalu yang paling cerdas. Kelemahan ini adalah bahwa aplikasi dan proses cenderung tetap tinggal dan aktif di memori meskipun sudah tidak digunakan lagi. Dengan demikian, Anda dapat melihat perangkat Anda semakin melambat karena aplikasi tetap berjalan di latar belakang. Anda dapat dengan mudah menghapus cache dan menghentikan proses aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan saat ini. Anda dapat memenej melalui pengaturan aplikasi. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda hentikan/hapus: jangan menyentuh apa pun yang ada hubungannya dengan Google Play atau Android Services.

Hapus cache aplikasi

Sekali lagi, berhati-hatilah dengan apa yang Anda pilih untuk dihapus. Jika beberapa aplikasi memiliki waktu launching sulit atau mereka berhenti bekerja ketika sebelum mereka bekerja dengan baik, Anda mungkin memiliki masalah dengan cache app. Anda dapat dengan mudah mengosongkan cache dan mulai dari awal dengan menuju ke Aplikasi> Memilih aplikasi yang dimaksud dan kemudian ketuk Hapus Cache. Ini akan menghapus semua informasi login, sehingga untuk aplikasi yang membutuhkan itu, Anda akan perlu kembali masukan kredensial Anda sebelum dapat menggunakannya lagi.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jam Digital dari Taskbar Windows 7

Tetaplah update aplikasi Anda

Pameo update baru, bug baru masih berlaku hingga hari ini. Tapi update pada umumnya membawa perbaikan untuk aplikasi yang telah Anda download dan dapat membantu aplikasi-aplikasi tersebut berjalan lancar, memberikan update keamanan, dan banyak lagi. Anda dapat secara manual memeriksa pembaruan aplikasi dengan menuju ke Google Play Store, menuju ke My Apps, kemudian klik Update All. Jika ada aplikasi memerlukan izin tambahan karena update, Anda akan diperingatkan terlebih dahulu dan akan memiliki kesempatan untuk meninjau mereka sebelum menerima pembaruan. Anda juga dapat mengaktifkan pembaruan otomatis dari Google Play Store, sehingga Anda tidak perlu memperbarui setiap waktu secara manual. Atur ini melalui Settings di Google Play dan aktifkan Pembaruan otomatis aplikasi.

Hapus Widget-widget yang tidak dibutuhkan

Anda kemungkinan besar memiliki widget pada layar depan/layar awal gadget Anda, tapi berapa banyak dari mereka yang Anda benar-benar butuhkan atau gunakan? Kebanyakan widget-widget itu terlalu menarik sehingga kita senang meletakkannya di sana. Tetapi jika ada beberapa widget yang hanya menghabiskan ruang di layar awal dan sama sekali tidak Anda butuhkan, hapus saja mereka.

Jika Anda memiliki tips lain untuk meningkatkan smartphone atau tablet Android Anda, silahkan beritahu kami di komentar 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.