Cara Update Android Versi Resmi/Official Lewat Ponsel

Memperbarui Android tidaklah sulit, Anda dapat melakukannya langsung dari ponsel cerdas dalam genggaman. Jika Anda melakukan update langsung dari ponsel maka itu berarti update yang Anda dapatkan adalah update resmi (official).

Penting untuk memperbarui OS Android. Ada banyak keuntungan setelah update. Fitur-fitur baru, performa, dan kehandalan adalah keuntungan yang Anda peroleh jika menggunakan Android yang lebi baru. Tentu tidak selalu yang terbaru yang terbaik, pada sisi ini keterbatasan perangkat keras yang Anda miliki akan menjadi penghalang.

Bagaimana cara update Android versi resmi/official langsung dari HP?

Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan paket data internet atau Wi-fi tersedia dan ON.
  2. Buka daftar aplikasi ponsel dan tekan ikon Settings (Pengaturan).
  3. Gulung ke bawah (atau usap ke arah atas layar) menunya hingga Anda temukan tombol About device (Tentang perangkat), tekan itu.
  4. Di menu paling atas tekan Software Update (Update software).
  5. Sekarang tekan tombol Update (Perbarui). Sekarang ponsel akan tersambung ke server Samsung dan memeriksa ketersediaan update untuk ponsel Anda.
BACA JUGA:  Masalah yang sering terjadi di Samsung Galaxy S6 dan cara mengatasinya

Jika Anda tidak menemukan update terbaru dari versi Android Anda maka kemungkinan perangkat/HP tidak mendukung versi Android terbaru. Sebagai contoh, Samsung Galaxy S2, secara resmi hanya tersedia hingga Jelly Bean. Jadi, tidak akan tersedia update ke Android KitKat untuk Samsung Galaxy S2. Meskipun begitu pengguna Galaxy S2 masih bisa meikmati pengalaman menggunakan Android KitKat tak resmi. Ada banyak versi OS Android yang telah dimodifikasi. Anda bisa mengunduhnya secara cuma-cuma di internet. Sumber yang paling lengkap dan terpercaya adalah XDA.  Di sana Anda bisa menemukan banyak sekali OS Android yang telah dimodifikasi. Anda tinggal pilih sesuai keinginan. Dari sisi tampilan bisa persis sama, tetapi mungkin beberapa fitur tidak bekerja dengan sempurna.

BACA JUGA:  HP/Smartphone Android Selalu Masuk Safe Mode

Mengapa HP Saya tidak tersedia update Android yang baru?

Alasannya sederhana, keterbatasan perangkat keras. Contoh, Android terbaru memiliki fitur sidik jari untuk membuka layar kunci HP, jika HP Anda tidak menyediakan perangkat keras pemindai sidik jari maka masuk akal HP Anda tidak bisa di update ke Android yang lebih baru.

Mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.