Apa Arti Flagship pada Smartphone

Smartphone FlagshipApa arti atau maksud kata Flagship pada produk Smartphone? Jika Anda sering membaca berita tentang Android, Anda tentu sering menemukan kata atau istilah "flagship", khususnya jika artikel tersebut mengabarkan tentang produk baru yang diperkenalkan oleh vendor tertentu. Bagi Anda yang masih awam mungkin akan bertanya-tanya tentang arti dari istilah "flagship" tersebut.

Flagship adalah sebuah produk andalan dari suatu vendor yang merupakan produk "inti" dari semua produk yang mereka hadirkan. Produk flagship juga bisa diartikan sebagai produk terbaik atau produk yang berada di kelas paling tinggi (bisa juga dikatakan sebagai produk termahal) yang dimiliki oleh suatu vendor. Seperti misalnya seri Xperia "Z" yang dimiliki oleh Sony, seri Galaxy "S" oleh Samsung dan seri "G" dari LG yang masing-masing adalah seri smartphone andalan mereka.

BACA JUGA:  Segera Instal Pacth Keamanan Out-of-Band Windows (Kerberos)

Terkadang memang suatu vendor memiliki lebih dari satu produk flagship, dan hal itu sah-sah saja. Biasanya produk tersebut dijadikan acuan utama oleh konsumen dimana jika produk flagship yang dimiliki suatu vendor dinilai bagus, maka produk lain dibawah kelasnya juga akan dianggap bagus. Padahal penilaian tersebut tidak sepenuhnya benar. Dan suksesnya pemasaran produk flagship pada suatu vendor biasanya akan secara efektif mendongkrak kepopuleran vendor yang bersangkutan.

Jadi, makna literalnya, flagship berarti yang paling penting dalam kelompok tertentu, ponsel High-end yang sarat dengan semua fitur terbaru. Sebuah ponsel unggulan terbaru dari sebuah perusahaan dimana mereka telah menempatkan semua upaya mereka untuk membuat ponsel tersebut terlihat unik dan out of the box. Misalnya tahun 2011 Samsung Galaxy S2 adalah smartphone flagship, selanjutnya Samsung Galaxy S5 yang flagship. Produk terbaru smartphone Samsung dalam kategori flagship adalah Samsung Galaxy S7 Edge. Boleh juga dikatakan produk flagship sama dengan produk premium.

BACA JUGA:  BBM untuk Android Wear - Tidak Lama Lagi BBM Bisa diakses dari Jam Tangan

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.