Cara Membuat Makalah di HP dengan Mudah dan Cepat

Makalah adalah salah satu tugas akademik yang sering diberikan oleh dosen atau guru kepada mahasiswa atau siswa. Makalah biasanya berisi tentang suatu topik atau masalah yang diteliti, dibahas, dan disimpulkan dengan menggunakan data dan fakta yang valid. Makalah juga harus memiliki struktur dan format yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki laptop atau komputer untuk membuat makalah? Apakah Anda harus menyerah dan tidak mengerjakan tugas Anda? Tentu saja tidak. Anda masih bisa membuat makalah di hp dengan menggunakan aplikasi yang tepat dan trik yang mudah. Berikut adalah cara membuat makalah di hp dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah Membuat Makalah di HP

Untuk membuat makalah di hp, Anda memerlukan beberapa hal, yaitu:

  • Hp yang memiliki koneksi internet yang stabil dan memori yang cukup.
  • Aplikasi pengolah kata yang dapat membuka dan menyimpan file dengan format .doc atau .docx, seperti Microsoft Word, Google Docs, WPS Office, atau sejenisnya.
  • Aplikasi pencari informasi yang dapat membantu Anda mencari sumber referensi yang relevan dan terpercaya, seperti Google, Bing, atau sejenisnya.
  • Aplikasi pengubah format file yang dapat mengubah file .doc atau .docx menjadi file .pdf, seperti PDF Converter, PDF Reader, atau sejenisnya.

Setelah Anda memiliki semua hal yang dibutuhkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat makalah di hp:

  1. Buka aplikasi pengolah kata yang Anda pilih dan buat file baru dengan nama yang sesuai dengan topik makalah Anda.
  2. Tulis judul makalah Anda di bagian atas halaman dengan menggunakan huruf kapital, font Times New Roman, ukuran 14, dan rata tengah.
  3. Tulis nama Anda, nama kelas atau jurusan, nama lembaga atau sekolah, dan tanggal pengumpulan makalah di bawah judul dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri.
  4. Buat halaman baru untuk daftar isi dengan menekan tombol enter beberapa kali atau dengan menggunakan fitur page break. Tulis kata “Daftar Isi” di bagian atas halaman dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 14, dan rata tengah. Buat daftar isi dengan menuliskan judul setiap bab dan subbab beserta nomor halamannya dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri. Anda dapat menggunakan fitur insert table of contents untuk mempermudah proses ini.
  5. Buat halaman baru untuk bab pendahuluan dengan menekan tombol enter beberapa kali atau dengan menggunakan fitur page break. Tulis kata “Pendahuluan” di bagian atas halaman dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 14, dan rata kiri. Tulis pendahuluan makalah Anda dengan menjelaskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan sistematika penulisan makalah Anda dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri. Anda dapat menggunakan fitur insert citation untuk menambahkan kutipan dari sumber referensi yang Anda gunakan.
  6. Buat halaman baru untuk bab tinjauan pustaka dengan menekan tombol enter beberapa kali atau dengan menggunakan fitur page break. Tulis kata “Tinjauan Pustaka” di bagian atas halaman dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 14, dan rata kiri. Tulis tinjauan pustaka makalah Anda dengan mengulas teori, konsep, dan hasil penelitian yang terkait dengan topik makalah Anda dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri. Anda dapat menggunakan fitur insert citation untuk menambahkan kutipan dari sumber referensi yang Anda gunakan.
  7. Buat halaman baru untuk bab pembahasan dengan menekan tombol enter beberapa kali atau dengan menggunakan fitur page break. Tulis kata “Pembahasan” di bagian atas halaman dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 14, dan rata kiri. Tulis pembahasan makalah Anda dengan menganalisis dan mendiskusikan data dan fakta yang Anda kumpulkan dari sumber referensi yang Anda gunakan dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri. Anda dapat menggunakan fitur insert table, insert chart, insert picture, atau insert equation untuk menambahkan tabel, grafik, gambar, atau rumus yang mendukung pembahasan Anda.
  8. Buat halaman baru untuk bab kesimpulan dan saran dengan menekan tombol enter beberapa kali atau dengan menggunakan fitur page break. Tulis kata “Kesimpulan dan Saran” di bagian atas halaman dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 14, dan rata kiri. Tulis kesimpulan makalah Anda dengan merangkum poin-poin penting yang Anda bahas di bab sebelumnya dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri. Tulis saran makalah Anda dengan memberikan rekomendasi atau masukan untuk penelitian selanjutnya atau untuk pembaca yang tertarik dengan topik makalah Anda dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri.
  9. Buat halaman baru untuk daftar pustaka dengan menekan tombol enter beberapa kali atau dengan menggunakan fitur page break. Tulis kata “Daftar Pustaka” di bagian atas halaman dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 14, dan rata tengah. Buat daftar pustaka dengan menuliskan semua sumber referensi yang Anda gunakan dalam makalah Anda dengan menggunakan font Times New Roman, ukuran 12, dan rata kiri. Anda dapat menggunakan fitur insert bibliography untuk mempermudah proses ini.
  10. Simpan file makalah Anda dengan format .doc atau .docx dengan nama yang sesuai dengan topik makalah Anda.
  11. Buka aplikasi pengubah format file yang Anda pilih dan ubah file makalah Anda menjadi file .pdf dengan nama yang sama dengan file sebelumnya.
  12. Kirim file makalah Anda ke dosen atau guru Anda melalui email, WhatsApp, atau media lain yang disepakati.
BACA JUGA:  Cara Instal Games Android: Apk+data/cache

Selamat, Anda Telah Membuat Makalah di HP dengan Mudah dan Cepat

Demikianlah cara membuat makalah di hp dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyelesaikan tugas makalah Anda tanpa harus menggunakan laptop atau komputer. Anda juga dapat meningkatkan kualitas SEO makalah Anda dengan menggunakan aplikasi atau situs web yang dapat membantu Anda mengecek ejaan, tata bahasa, dan keunikan makalah Anda, seperti Grammarly, Copyscape, atau sejenisnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengerjakan tugas makalah Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.