Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Smartphone Terendam Air

android terendam air

Cara mengatasi smartphone terendam air atau terendam air tidak harus dengan panik. Pasalnya kepanikan hanya akan membuat situasi menjadi tegang dan sulit untuk berpikir. Hindari rasa panik agar segera dapat memecahkan masalah. Belum tentu smartphone kesayangan Anda akan langsung rusak saat terendam air, jadi kenali dulu penyebab awalnya.

Ada berbagai cara agar ponsel terkenal air dapat kembali lagi seperti semula. Pastinya Anda harus yakin dapat menyelesaikan sendiri masalah smartphone tersebut. Salah satunya adalah dengan mengeringkan dengan handuk halus atau tisu kering. Namun jika masih tidak dapat nyala saat dijalankan, cobalah ikuti tips cara mengatasi smartphone terendam air seperti berikut ini.

Tips Mudah Cara Mengatasi Smartphone Terendam Air

1.Keringkan Perangkat Smartphone

Jika ponsel Anda terendam air, segera keringkan seluruh komponen perangkat smartphone tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan rusak tidaknya sebuah komponen penting pada gadget. Periksa segera bagian sudut tempat baterai. Terdapat lingkaran atau kotak kecil berwarna putih, dan jika berubah berwarna pink merah berarti tidak ada kerusakan akibat rembesan air yang masuk ke dalam komponen baterai.

BACA JUGA:  10 Tips & Trick Dasar Android yang Harus Diketahui Setiap Pengguna

2. Lepaskan Kartu SIM dan Memory Card

Sebelum melepas kartu SIM dan memory card, pastikan telah melepas beberapa aksesoris seperti headset, casing, dan lain sebagainya. Segera periksa bagian SIM dan memory card tersebut, karena komponen ini dirasa sangat penting. Meskipun sebetulnya kedua komponen tersebut kebanyakan tahan terhadap air. Namun Anda harus tetap mengeringkannya untuk mencegah korosi di kotak konektor.

3. Gunakan Penyedot Debu

Anda dapat mencoba menggunakan penyedot debu saat mengeringkan perangkat bagian dalam. Caranya dengan mengarahkan ujung penyedot debu ke setiap sudut perangkat. Namun ingat jangan sekali-kali arahkan penyedot debu terlalu dekat, karena memiliki aliran listrik. Sebaiknya lakukan trik ini selama 30 menit agar pembersihkan komponen lebih maksimal. Hindari menerapkan benda yang sifatnya meniupkan angin, karena hanya akan melembabkan perangkat.

BACA JUGA:  Hard Reset Android - Kembali ke Pengaturan Pabrik

4. Manfaatkan Penggunaan Beras

Ada baiknya Anda memanfaatkan bahan-bahan yang memiliki sifat dapat menyerap air. Anda bisa menggunakan beras dengan memasukkan perangkat ponsel ke dalam wadah yang berisi beras tersebut. Terapkan cara ini selamam penuh agar ponsel pintar cepat kering. Selain beras, Anda pun bisa menggunakan Silica gel yang dapat menyerap kelembaban benda. Lakukan dengan memutar posisi ponsel di setiap jam sekali, sehingga tak ada air yang tergenang.

Itulah cara mengatasi smartphone terendam air sebagai pertolongan pertama. Pasang perangkat ponsel Anda kembali, dan sambungkan ke adaptor charger. Apabila ponsel masih tidak menyala setelah dilakukan beberapa kali, segera counter HP terdekat untuk menanyakan masalah yang terjadi. Pastikan berkonsultasi dengan ahlinya.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.