Cara Mengetahui SSID WiFi yang Tersembunyi

SSID (Service Set Identifier) adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan WiFi. SSID biasanya ditampilkan di daftar jaringan WiFi yang tersedia saat Anda mencari koneksi internet nirkabel. Namun, ada beberapa jaringan WiFi yang menyembunyikan SSID mereka untuk alasan keamanan atau privasi. Jaringan WiFi yang tersembunyi ini tidak akan muncul di daftar jaringan WiFi yang tersedia, sehingga Anda tidak dapat terhubung ke jaringan tersebut kecuali Anda mengetahui SSID dan kata sandi yang tepat.

Bagaimana Cara Mengetahui SSID WiFi yang Tersembunyi?

Ada beberapa cara untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi, tergantung pada perangkat dan sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba:

  • Metode 1: Menggunakan Aplikasi Pemindai WiFi
  • Aplikasi pemindai WiFi adalah aplikasi yang dapat mendeteksi dan menampilkan informasi tentang jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda, termasuk jaringan WiFi yang tersembunyi. Beberapa contoh aplikasi pemindai WiFi yang dapat Anda gunakan adalah WiFi Analyzer, NetSpot, inSSIDer, dan lainnya. Anda dapat mengunduh aplikasi pemindai WiFi dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau App Store, tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Setelah Anda menginstal dan menjalankan aplikasi pemindai WiFi, Anda dapat melihat daftar jaringan WiFi yang terdeteksi, termasuk SSID, kekuatan sinyal, keamanan, dan frekuensi. Jika Anda melihat jaringan WiFi dengan SSID kosong atau tidak diketahui, itu berarti jaringan WiFi tersebut tersembunyi. Anda dapat mencatat SSID jaringan WiFi yang tersembunyi tersebut untuk kemudian Anda gunakan saat ingin terhubung ke jaringan tersebut.

  • Metode 2: Menggunakan Perintah CMD di Windows
  • Jika Anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan perintah CMD (Command Prompt) untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka CMD dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
    2. Ketik perintah berikut di CMD dan tekan Enter: netsh wlan show networks mode=bssid
    3. Tunggu hingga CMD menampilkan daftar jaringan WiFi yang terdeteksi, termasuk SSID, BSSID, kekuatan sinyal, keamanan, dan frekuensi. Jika Anda melihat jaringan WiFi dengan SSID kosong atau tidak diketahui, itu berarti jaringan WiFi tersebut tersembunyi. Anda dapat mencatat SSID jaringan WiFi yang tersembunyi tersebut untuk kemudian Anda gunakan saat ingin terhubung ke jaringan tersebut.
  • Metode 3: Menggunakan Terminal di Mac
  • Jika Anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi Mac, Anda dapat menggunakan Terminal untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka Terminal dengan cara menekan tombol Command + Spasi pada keyboard, lalu ketik terminal dan tekan Enter.
    2. Ketik perintah berikut di Terminal dan tekan Enter: /System/Library/PrivateFrameworks/Apple80211.framework/Versions/Current/Resources/airport -s
    3. Tunggu hingga Terminal menampilkan daftar jaringan WiFi yang terdeteksi, termasuk SSID, BSSID, kekuatan sinyal, keamanan, dan frekuensi. Jika Anda melihat jaringan WiFi dengan SSID kosong atau tidak diketahui, itu berarti jaringan WiFi tersebut tersembunyi. Anda dapat mencatat SSID jaringan WiFi yang tersembunyi tersebut untuk kemudian Anda gunakan saat ingin terhubung ke jaringan tersebut.

Kesimpulan

SSID WiFi adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan WiFi. Ada beberapa jaringan WiFi yang menyembunyikan SSID mereka untuk alasan keamanan atau privasi. Jaringan WiFi yang tersembunyi ini tidak akan muncul di daftar jaringan WiFi yang tersedia, sehingga Anda tidak dapat terhubung ke jaringan tersebut kecuali Anda mengetahui SSID dan kata sandi yang tepat. Anda dapat mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi dengan menggunakan beberapa metode, seperti menggunakan aplikasi pemindai WiFi, menggunakan perintah CMD di Windows, atau menggunakan Terminal di Mac. Setelah Anda mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi, Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan tersebut dengan memasukkan SSID dan kata sandi yang sesuai.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

BACA JUGA:  Beam Messenger - Bisa Lihat Teks yang Sedang Diketik Pengirim

Check Also

Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus

Messenger adalah salah satu aplikasi pesan populer yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. …

close