Cara menghapus "Earlier Version Of Windows" yang Selalu Muncul di Windows 7

Kemarin setelah menginstall Windows XP Professional pada sebuah notebook lalu saya menginstall lagi Windows 7 Professional. Setelah itu, Windows XP nya saya buang, dengan kata lain saya melakukan clean install untuk Windows 7, artinya saya menghapus partisi Windows XP kemudian menginstall Windows 7 pada partisi yang saya hapus tadi. Semuanya berjalan mudah karena saya sudah sering menginstall Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Tetapi saya sedikit kaget mendapatkan sedikit masalah, selalu muncul dua boot option yaitu "Earlier Version Of Windows..." dan Windows 7. Padahal partisi Windows XP sudah saya hapus lho... Jika saya pilih "Earlier Version Of Windows" maka akan gagal masuk Windows 7 sedangkan jika saya pilih Windows 7 maka saya bisa masuk Windows 7 dengan aman dan damai tanpa masalah :). Bagaimana cara menghapus boot option "Earlier Version Of Windows" yang selalu muncul?

BACA JUGA:  Cara Mengganti Default User Account Picture Windows 7

Sebelumnya kami sudah memuat artikel Cara Menghapus Dual Boot (Boot Loader) Windows yang menjelaskan cara menghapus bootloader di Windows 7. Artikel tersebut menjelaskan cara menghapus bootloader menggunakan command line utility, dimana ketika Anda menggunakan dua OS (atau lebih) kemudian menghapus salah satunya. Kali ini saya menggunakan command line utility yang sama untuk menghapus "Earlier Version Of Windows" pada kasus berbeda seperti yang dijelaskan pada pendahuluan tadi.

  1. Mula-mula masuklah ke Windows 7.
  2. Lalu buka Command Prompt (tekan tombolWindows+R, tik cmd.exe lalu tekan Enter). Kemudian setelah Command Prompt terbuka ketik "bcdedit" lalu tekan Enter.
  3. Anda akan melihat jendela seperti gambar di bawah ini,
  4. Perhatikan, ada tiga kelompok informasi (entri) dalam jendela tersebut yaitu Windows Boot Manager, Windows Legacy OS Loader, dan Windows Boot Loader. Ada entri yang disebut "Windows Legacy OS Loader", pengenal (identifier) yang berisi nilai "{ntldr}". Windows Legacy OS Loader ini dibuat oleh Windows XP saat saya meninstall Windows XP, karena nilai NTLDR ini adalah default untuk bootloader WinXP. Jadi, "Earlier Version Of Windows" itu milik Windows XP yang saya install sebelumnya.Jadi, entah mengapa, meskipun partisi Windows XP telah saya hapus namun bootloader-nya masih ada.
  5. Selanjutnya ketik bcdedit /delete {ntldr} /f lalu tekan Enter. Perintah tersebut adalah untuk menghapus bottloader Windows XP yang tersisa tadi. Lihat gambar berikut,
  6. Setelah sukses selanjutnya lakukan Restart.
BACA JUGA:  Cara Sembunyikan Folder Favorites dan Libraries di Windows Explorer

Selesai, anda tidak akan mendapati lagi "Earlier Version Of Windows" saat booting.
🙂

Selamat belajar...

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.