Cara Merawat Printer Supaya Lebih Awet

Officejet-8040-with-Neat-e-All-in-One-PrinterAnda memiliki printer di rumah? Kemungkinan besar Anda memilikinya jika Anda memiliki komputer. Sebagai pemilik yang bertanggung jawab Anda harus selalu merawat barang-barang Anda dengan baik dan benar supaya awet. Printer adalah salah satu peripheral komputer yang paling sering mengalami kerusakan/gangguan. Berikut ini beberapa saran bagaimana cara merawat printer dengan benar agar printer lebih awet alias tahan lama:

Cara Merawat Printer #1 : Baca buku petunjuk/manual book

Saat membeli printer baru Anda mendapatkan paket lengkap, termasuk buku petunjuk penggunaan. Bacalah dengan teliti buku petunjuk sebelum Anda mulai menggunakan printer. Mungkin printer harus diperlakukan khusus terutama pada saat pertama digunakan. Biasanya perusahaan printer memberikan langkah-langkah pemasangan dan cara aman menggunakan produk mereka.

Misalnya printer yang di lengkapi fasilitas scanner, Anda dianjurkan melakukan test scanning (pemindaian). Artinya langkah tersebut memang harus dilakukan.

Cara Merawat Printer #2 :  Letakkan printer di tempat yang sesuai

Printer harus ditempatkan pada permukaan yang datar. Jangan menempatkan printer Anda pada ruang sangat terbuka untuk menghindari paparan debu karena debu dapat mempengaruhi head printer dan rol. Letakkan printer dalam ruang agak tertutup namun mudah dijangkau dan cukup sirkulasi udara. Untuk kinerja optimal, letakkan printer pada daerah yang memiliki suhu dan kelembaban konstan.

Cara Merawat Printer #3 : Lakukan pembersihan rutin

Pastikan printer Anda selalu bersih, seperti yang disebutkan sebelumnya, debu adalah musuh besar printer. Secara teratur bersihkan printer Anda dengan kain yang telah dibasahi sedikit dengan air atau larutan pembersih (jangan menggunakan pembersih yang sangat abrasif!). Lap bagian luar printer. Bersihkan bagian dalam printer dengan kain atau kuas dan jangan menggunakan cairan apapun untuk membersihkan bagian dalam printer karena kelembaban dapat mempengaruhi kinerja printer Anda.

BACA JUGA:  Cara Aktifkan Enterprise Mode Internet Explorer 11

"Head cartridge" dan ink absorber juga pelu dibersihkan. Anda dapat menggunakan menu Maintenance pada aplikasi printer.

Cara Merawat Printer #4 : Lakukan pencetakan rutin

Kebanyakan pabrikan menyarankan pencetakan rutin untuk mencegah tinta kering minimal seminggu sekali. Sementara scanner tidak apa-apa digunakan sesuai kebutuhan. Jika kalian tidak akan menggunakan printer dalam jangka waktu yang sangat lama, lebih baik copot catridge dan tutup head menggunakan selotip dan simpan pada tempat yang kering.

Cara Merawat Printer #4 : Lakukan pencetakan wajar

Kurangi pencetakan dengan mode fast draft, jika ini sering dilakukan maka akan berpengaruh pada kualitas head catridge. Pencetakan mode fast draft membuat head cartridge lebih panas dan ini akan mengurangi usia head. Lebih baik menggunakan mode normal. Sesekali tidak masalah Anda menggunakan mode fast. Jika Anda ingin mencetak lebih cepat pertimbangkan printer laser.

Cara Merawat Printer #5 : Penggunaan kertas

Gunakanlah kertas yang berkualitas baik dan dapat digunakan pada mesin printer Anda. Ingat, kertas daur ulang tidak di sarankan, karena pori-porinya lebih banyak menyerap tinta kecuali kalian menggunakan printer jenis Laser. Gunakan kertas yang benar-benar kering, jangan menggunakan kertas yang lembab. Jangan menggunakan kertas yang permukaannya tidak rata.

BACA JUGA:  Solusi Kesalahan Tidak Cukup Ruang pada Perangkat

Cara Merawat Printer #6 : Singkirkan benda asing

Periksa keberadaan benda kecil yang masuk ke roller printer, seperti clip, staples, sobekan kertas sisa paper jam, dll. Roller ini bertugas menarik kertas. Jika roller macet karena paper jam, jangan memaksa menarik kertas. Tekan tombol cancel atau restart printer agar kertas otomatis keluar. Jika kertas tetap tidak bisa keluar matikan printer lalu tarik kertas perlahan-lahan.

Cara Merawat Printer #6 : Mengisi ulang cartridge

Pabrikan lebih menyarankan Anda mengganti cartdridge daripada mengisi ulang cartridge. Mereka akan menyarankan Anda menggunakan cartridge original. Tetapi karena harga cartridge yang cukup mahal maka kebanyakan orang mengisi ulang atau menyuntik cartridge. Mengisi ulang tinta memerlukan keahlian khusus. Kami sudah memuat artikel bagaimana cara mengisi tinta printer yang benar layaknya seorang ahli.

Cara Merawat Printer #6 : Bawalah ke service center

Jurus terakhir, jika printer Anda mengalami kerusakan cobalah membawanya ke pusat layanan. Mungkin garansinya masih berlaku. Jika garansi masih berlaku Anda akan mendapat diskon istimewa atau bahwa gratis untuk item-item yang telah disepakati. Atau bawalah kepada ahlinya jika pusat layanan tidak ada di kota Anda.

Semoga printer Anda awet hingga bertahun-tahun 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.