Cara Update Offline Windows Defender di Windows 8/8.1

windows-defender-settingsWindows Defender adalah sistem keamanan bawaan Windows. Ketika Windows Defender aktif, Anda diberitahu ketika spyware atau perangkat lunak lainnya yang mungkin tidak diinginkan mencoba untuk menginstal dirinya sendiri atau berjalan di komputer Anda. Jika Anda menggunakan pengaturan default, Windows Defender juga memeriksa definisi baru (file yang digunakan untuk menentukan apakah sebuah software adalah spyware) dan secara otomatis menghapus item apapun yang terdeteksi.

Meskipun Windows Defender kalah tenar dibandingkan sistem keamanan (antivirus, antimalware, dll) pihak ketiga tetapi cukup sebagai perlindungan dasar. Pengguna tingkat lanjut yang benar-benar mengerti keamanan komputer merasa cukup dengan Windows Defender dan tidak perlu memasang sistem keamanan pihak ketiga.

Pengaturan standar Windows Defender untuk Windows 8/8.1 dan di atasnya akan mengunduh dan menginstall pembaruan sehari sekali secara otomatis dan oleh karena itu tidak membutuhkan tindakan manual atau intervensi dari pengguna. Tetapi jika PC tidak terkoneksi dengan internet maka update manual adalah jalan terbaiknya agar PC Anda tetap aman dari virus dan serangan program jahat lainnya.

BACA JUGA:  Cara Instal dan Menggunakan Tema Kustom Pihak Ketiga di Windows

Jarang diketahui oelh pengguna Windows bahwa Windows Defender juga bisa update secara offline. Tidak sulit mengupdate/memperbarui Windows Defender secara luring (offline). Artikel hari menjelaskan bagaimana cara update offline Windows Defender. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Periksa versi (32 atau 64-bit) Windows 8/8.1 yang terinstall pada PC Anda.  Anda dapat memerikasanya melalui Computer Properties, tekan tombol Win+X pada keyboard lalu klik System. Atau klik kanan ikon My Computer (This PC) di Desktop lalu pilih Properties (Baca juga artikel: Cara Menampilkan Icon My Computer di Windows 8).
  2. Lalu, kunjungi link-link berikut untuk mengunduh update terbaru Windows Defender.
    Updates for 32-bit (x86)
    Updates for 64-bit (x64)
    Pastikan Anda mengunduh versi update yang benar karena versi 32-bit tidak dapat diinstal pada PC 64-bit dan sebaliknya.
  3. Setelah unduhan file selesai, klik ganda file tersebut untuk menginstal update.

Tip Bonus! Program anti-virus tertentu, misalnya Bitdefender, akan mendisable (mematikan) Windows Defender untuk menghidupkannya baca artikel Cara Disable-Enable Windows Defender di Windows 8 dan Windows 8.1.

BACA JUGA:  Cara Disable dan Enable Windows Defender Windows 10

Selesai!

8 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.