Cek Gempa dan Cuaca Lewat Aplikasi Info BMKG untuk Android

Bagi anda yang ingin mengetahui prakiraan cuaca tanpa harus menonton TV atau membuka alamat website BMKG, anda dapat membuka dengan menggunakan Aplikasi BMKG untuk Android. Berikut penjelasannya.

Sebagai pengguna android dan social media, mungkin beberapa dari anda pernah melihat postingan foto info gempa dan cuaca yang diambil dari HP android (Screen Capt). Dan mungkin untuk beberapa dari anda ingin mengetahui bagaimana mereka mendapatkan informasi tersebut.

Selain itu, untuk anda yang senang berpergian ke berbagai tempat tentunya membutuhkan informasi terkait cuaca dengan cepat tanpa harus mengakses televise ataupun situs BMKG.  Oleh karena itu, saat ini untuk mempermudah masyarakat Indonesia pihak BMKG telah meluncurkan aplikasi “Info BMKG” yang dapat anda download di AppStore atau di Google Play.

Aplikasi ini akan memberikan semua informasi mengenai prakiraan cuaca, iklim, kualitas udara dalam 3 hari baik pagi, siang, sore untuk seluruh wilayah di Indonesia. Selaini tu, juga terdpat informasi gempa, Press release serta peringatan dini dari BMKG.

BACA JUGA:  Kelebihan Fitur Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Aplikasi Info BMKG untuk Android

Berikut tutorial penggunaan Info BMKG

  • Buka aplikasi playstore di HP Android anda. Ketikkan BMKG pada bagian pencarian
  • Setelah muncul, Pilih Instal, dan anda tinggal menunggu proses intal selesai. Proses instal telah selesai, anda sudah dapat langsung menggunakan aplikasi tersebut dengan membuka aplikasi tersebut.

aplikasi info BMKG untuk Android

  • Ketika anda membuka aplikasi, maka anda akan permintaan untuk memperoleh lokasi akuran berbasis jaringan GPS dan jaringan. Pilih “Izinkan” agar dapat melanjutkan penggunaan aplikasi.

apliasi info BMKG untuk android

  • Pada halaman beranda anda akan langsung dapat informasi terkait cuaca di kota yang anda tepati. Pada aplikasi ini, anda juga dapat mengetahui kondisi cuaca di daerah lainnya dengan cara mengambil tanda garis tiga di ujung kiri atas,dan memilih “Cuaca”.
BACA JUGA:  Tip dan Trik Mempercepat Android Tanpa Aplikasi

apliasi Info BMKG untuk Android

  • Selanjutnya anda dapat mencari provinsi mana yang di ambil pada bagian “Cari Kota/Kabupaten”. Contohnya saya memilih “Lampung”. Selanjutnya anda dapat memilih Kota atau Kabupaten yang anda ingin tahu kondisi cuacanya. Pada contoh ini saya memilik “Bandar Lampung”.

Aplikasi Info BMKG untuk Android

  • Maka akan muncul tampilan seperti ini.

Info BMKG untuk Android

  • Selain mengetahui kondisi cuaca, anda juga dapat mengetahui lokasi gempa bumi yang terjadi di Indonesia, Cuaca Maritim, Cuaca bandara, dan Kualitas Udara di kota-kota di Indonesia.
  • Sebagai tambahan, jika anda ingin mengetahui penjelasan atas keterangan yang diberikan, anda dapat memilih Glosarium “Tentang”. Pada bagian ini anda akan mendapatkan penjelasan terkait keterangan-keterangan yang terdapat di aplikasi.

info BMKG untuk Android

Itu tadi Informasi terkait Aplikasi BMKG di Android. Semoga dapat membantu anda untku sehari-hari ataupun dalam perjalanan. Terimakasih.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.