Masih Perlukah Memasang Anti Gores untuk Smartphone?

Smartphone kelas atas memang mahal, saya ingat harga Samsung Galaxy S2 saat kemunculannya di tahun 2011 dijual seharga 5 jutaan-setara dengan harga sebuah laptop. Saat penjual menawarkan apakah saya akan memasang screen protector (pelindung layar), saya langsung jawab iya. Tentu, karena saya tidak mau barang semahal itu akan tergores. Sampai sekarang masih banyak orang membeli pelindung layar (antigores) untuk melindungi layar smartphone mereka, padahal itu sudah tidak begitu diperlukan lagi. Mengapa?

Pelindung layar dulunya memang wajib, tetapi kemajuan teknologi dalam pembuatan kaca dan pelapis telah membuat antigores tidak dibutuhkan bagi kebanyakan orang. Anda tidak perlu membeli pelindung layar (antigores) ketika Anda membeli telepon baru. Layar smartphone Anda sudah cukup tahan gores-dengan asumsi Anda memiliki smartphone baru-baru ini dan bukan yang berusia lima tahun lalu.

Pelindung Layar 101

Sebuah pelindung layar (antigores) adalah lembaran plastik bening yang direkatkan sepenuh layar smartphone Anda. Plastik dipotong agar sesuai dengan bentuk yang tepat dari perangkat Anda termasuk lubang untuk tombol dan speaker, itulah mengapa Anda membeli pelindung layar yang berbeda untuk berbagai perangkat.

Memasang pelindung layar cukup mudah namun harus hati-hati, biasanya layar dibersihkan terlebih dahulu menggunakan kain halus microfiber, kemudian mengoleskan sedikit air sabun pada pelindung layar, setelah itu letakkan plastik pelindung di atas layar sambil ditekan-tekan. Anda harus memposisikan pelindung dengan benar sehingga cocok, dan Anda juga harus memastikan pelindung layar diletakkan mendatar pada layar agar tidak ada gelembung atau garis yang tidak sedap dipandang.

BACA JUGA:  4 Daftar Aplikasi Edit Video untuk Youtuber yang Mudah di Android

Ada untungnya memasang perisai plastik atau antigores pada layar perangkat. Jika layar Anda tergores, pelindung layar yang akan tergores sebagai gantinya. Tentu lebih mudah menggantikan plastik yang tergores daripada mengganti layar kaca perangkat Anda, bukan?

Kekurangan Menggunakan Layar Pelindung (Antigores)

Jika Anda telah menggunakan pelindung layar, Anda mungkin melihat goresan-goresan pada pelindung layar Anda dan berpikir tindakan memsang anti gores sudah benar. Ini tidak selalu benar karena bahan yang akan menggores plastik anti gores belum tentu menggores layar kaca ponsel Anda. Jelas, layar kaca ponsel Anda lebih tahan gores dibandingkan plastik anti gores yang sebenarnya tidak tahan gores sama sekali.

Layar pelindung mengubah pengalaman menggunakan layar sentuh smartphone Anda, layar akan tampak lebih lembut atau malah lebih grippy dari tampilan sebenarnya. Apalagi jika sudah agak lama bisa saja pelindung layar menjadi discolors atau goresan-goresannya sudah semakin banyak, ini akan membuat smartphone kelihatan kusam dan jelek.

Gorilla Glass

Ada suatu masa ketika pelindung layar adalah ide yang baik, tetapi perangkat modern sudah lebih maju dalam hal perlindungan layar built-in. Kebanyakan smartphone yang Anda beli sudah menggunakan Corning Gorilla Glass, kaca keras yang tahan gores. Gorilla Glass 3 diperkenalkan pada tahun 2013 dan Corning membual bahwa itu lebih tahan gores hingga 40% dibandingkan Gorilla Glass 2.

BACA JUGA:  Internet Mati Saat Layar Android Terkunci

Bahkan kunci di saku Anda tidak akan dapat menggores layar Gorilla Glass modern. Gorilla Glass lebih keras daripada logam yang digunakan untuk membuat kunci, koin, dan barang-barang logam umum rumah tangga lainnya. Jika Anda kurang yakin ambillah kunci atau bahkan pisau rumah tangga kemudian gores smartphone yang telah menggunakan layar Gorilla Glass modern, Anda tidak akan melihat goresan (pastikan smartphone Anda menggunakan Gorilla Glass sebelum mencoba tantangan ini). Atau cari video orang yang mencoba menggores layar mereka dengan pisau di YouTube, misalnya dengan kata kunci "galaxy s2 scratch test".

Jadi, Bila Anda Butuh Pelindung Layar?

Tetapi dalam keadaan-keadaan tertentu memasang layar pelindung perlu dipertimbangkan. Jika Anda sering berktivitas di pantai, maka pasir masih dapat menggores layar Gorilla Glass Anda (pasir adalah bahan dasar membuat kaca). Kejatuhan smartphone di atas batu atau beton yang sangat keras juga dapat menggores layar. Jenis kaca lain, logam tertentu, dan bahan-bahan yang sangat keras seperti berlian juga bisa menggores layar Gorilla Glass.

Layar pelindung bukanlah barang yang wajib dibeli. Anda sudah cukup aman menggunakan smartphone modern dengan "telanjang" layar, dan - bahkan jika Anda memasukkannya ke dalam saku bersamaan dengan kunci Anda. Tetapi saya yakin Anda tidak akan melakukan itu karena jika bukan layar yang tergores mungkin bagian lain yang akan tergores 🙂

4 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.