Cara Mengunci File Word Agar Tidak Berubah

Cara mengunci file di Ms Word 2007, 2010, 2013, 2016 agar tidak berubah sangatlah mudah, yaitu dengan cara memberi password ke file tersebut agar tidak dapat diedit. Hal ini umumnya dilakukan untuk dokumen berupa skripsi atau tesis agar file tidak dapat diketik ulang ataupun di copy paste oleh orang lain.

Mengunci file word pada tutorial ini bukan file dokumen word-nya, namun isi konten atau tulisannyalah yang dikunci agar orang lain tidak dapat mengedit ataupun di-copy paste. Simak tutorialnya berikut ini.

BACA JUGA:  Trik Mengatasi Dokumen Microsoft Word yang Rusak Tanpa Sebab

Cara Mengunci Ms Word Agar Tidak Dapat Diedit

Langkah 1 - Dalam hal ini saya menggunakan Microsoft Word 2007, bagi anda yang menggunakan versi di atasnya harap menyesuaikan. Buka file word yang akan dikunci, kemudian pilih Tab Menu REVIEW -> PROTECT DOCUMENT -> Restrict Formatting and Editing. Jika anda menggunakan Ms Word diatas 2007 maka hanya perlu pilih Protect Document.

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dirubah

Maka akan muncul pengaturan di sisi sebelah kanan dokumen. Yang perlu anda pilih dengan cara beri ceklis pada "Allow only this..." di 2. Editing restrictions. Kemudian pada bagian bawahnya pilih Filling in forms.

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Dapat Copy Paste

Jika sudah klik tombol Yes, Start Enforcing Protection. Lalu masukkan password agar nantinya jika anda ingin mengedit dapat membukanya dengan password di menu yang sama.

BACA JUGA:  Cara Memunculkan Batas Garis di Word

Mengunci File Word Agar Tidak Dapat Diedit

OK, sekarang silahkan anda coba ketik dan copy paste file word, maka anda tidak akan bisa. Untuk membuka kunci ini maka anda pilih menu seperti awal tadi kemudian pakai password yang dimasukkan pada saat awal. Demikian cara mengunci file word agar tidak dapat diedit, selamat mencoba.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.