Seberapa Kuat Password Anda? Periksa di Kaspersky Password Secure Check

Setiap pemilik akun harus peduli dengan privasinya. Apakah itu akun email, media sosial, atau bahkan pengguna PC rumahan. Ia harus membuat password yang kuat untuk itu. Hal ini akan mencegah orang lain membobol sebuah akun.

Ada banyak cara yang berbeda untuk membuat password yang kuat. Jika Anda tidak mau repot maka Anda dapat menggunakan password generator (pembuat sandi). Ada generator sandi online (seperti password generator Norton), ada generator sandi secara offline (seperti PassGen), beberapa browser web seperti Google Chrome memiliki fitur saran password otomatis dan ada aplikasi smartphone yang dapat menghasilkan password untuk Anda.

Disamping semua yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat membuat password Anda sendiri secara manual dengan mengikuti seperangkat aturan (misalnya, menggunakan password minimal 8-12 karakter, menggunakan huruf campuran - huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus, tidak mengulang karakter dan tidak menggunakan kata-kata dalam kamus).

Tapi bagaimana Anda akan tahu apakah password yang telah Anda buat benar-benar cukup kuat untuk menahan serangan brute-force dengan prosesor modern yang kuat. Ketahuilah bahwa sebuah password yang anda anggap sangat kuat, bisa dengan mudah dibobol dengan teknik brute-force bahkan oleh komputer notebook termurah sekalipun.

BACA JUGA:  Windows 10 Technical Preview January (Build 9926)

Kaspersky Password Secure Check

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kekuatan password Anda adalah dengan menggunakan aplikasi web Kaspersky Secure Password Check. Pada aplikasi web ini, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan password Anda pada kolom "Test your password" dan aplikasi ini akan memberitahu Anda tentang kekuatan password Anda. Jadi, Anda dapat mengambil pelajaran dan menemukan ide bagaimana Anda harus membuat password yang sangat kuat. Namun, halaman web Kaspersky Password Secure Check memperingatkan Anda untuk tidak memasukkan password Anda yang sebenarnya. Ini hanya untuk tujuan pendidikan (untuk belajar bagaimana mendapatkan password terkuat dan teraman).

kaspersky secure password check

Di bagian bawah kolom isian password menampilkan bar chart warna-warni yang menunjukkan kekuatan password Anda. Ditambahkan juga informasi tentang berapa waktu yang diperlukan untuk membobol password Anda tersebut dengan teknik brute-force. Anda juga akan melihat tampilan grafik seperti di bawah ini yang menunjukkan durasi waktu yang akan dihabiskan oleh komputer tahun 1980-an, oleh Macbook Pro, oleh Conficker botnet dan oleh Tianhe 2 (superkomputer paling kuat di dunia).

BACA JUGA:  Software Pencari File dan Folder Tersembunyi

supercomputer brute-force

Menggunakan password yang sederhana-seperti ditunjukkan pada gambar pertama-sudah sangat kuat. Butuh 327 abad untuk sebuah Mac Book Pro membobolnya. Siapa yang rela melakukannya selama itu hanya untuk sebuah password? Tetapi menggunakan superkomputer Tianhe-2 hanya butuh 4 hari. Luar biasa!

Anda dapat menggunakan Secure Password Check seperti ini untuk memahami dasar-dasar keamanan password seperti berapa banyak karakter yang Anda harus gunakan, karakter apa saja yang harus Anda gunakan, dan sebagainya.

Intinya Anda harus menggunakan pasword yang panjang, setidaknya 8-12 karakter. Buatlah kalimat sederhana untuk sebuah password. Walaupun panjang tapi mudah diingat, tetapi jangan terlalu panjang karena akan menyulitkan Anda saat menggunakannya pada perangkat kecil. Gunakan selalu kombinasi huruf besar dan huruf kecil.

Ingin tahu kekuatan sebuah password? Silahkan kunjungi Kaspersky Password Secure Check.

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.