Pembaruan Snipping Tool Windows 10 Build 15014

Di Windows 10 Creators Update, Microsoft menambahkan banyak fitur baru ke sistem operasi. Salah satunya adalah Snipping Tool yang mendapat pembaruan antarmuka pengguna. Snipping Tool ditambahkan tombol baru, yaitu tombol Modus (mode). Tombol ini mengambil alih tombol dropdown New snip. Jadi tombol New berdiri sendiri, tombol modus (capture mode) juga sendiri.

Menurut saya itu tidak berguna sama sekali. Kecuali Microsoft menambahkan tombol tersebut spesial untuk perangkat sentuh (Mobile). Di PC, alih-alih menambahkan tombol Modus, lebih berguna jika menambah opsi shortcut keyboard. Meskipun demikian, Microsoft sudah membuat kemajuan dengan menambah shortcut Win + Shift + S.

Pembaruan Snipping Tool Windows 10 Build 15014

Sekarang modus cuplik memiliki tombol sendiri. Seperti inilah tampilannya.

BACA JUGA:  Menambah Hibernate ke Start Menu Windows 10

Pembaruan Snipping Tool Windows 10 Build 15014Snipping Tool juga punya ikon baru.

Ini ikon lama:

Dan ini ikon baru:

Di build sebelumnya, Snipping Tool memiliki kemampuan baru. Sekarang Anda bisa mengambil screenshot area tertentu dengan shortcut keyboard Win + Shift + S.

Snipping Tool Tidak Banyak Berubah Sejak Windows XP

Snipping Tool adalah bagian dari Windows XP Tablet PC Edition tapi menjadi umum setelah diikutkan dalam Windows Vista. Tool ini dapat menangkap screenshot dari jendela, sebagian area layar atau seluruh isi layar. Setelah Anda mengambil foto, Anda dapat menambahkan anotasi dan menyimpan cuplikan Anda ke file *.png, *.jpg atau *.gif. Sejak Windows XP sampai Windows 10, tool ini tidak banyak berubah. Windows 10 Creators Update akan menjadi rilis pertama dari Windows 10 di mana perubahan yang signifikan dibuat untuk aplikasi ini.

BACA JUGA:  [Review] TuneIn Radio Windows 10

Snipping Tool Masih Minim Fitur

Membandingkan dengan alat cuplik gambar (screenshot) pihak ketiga, Snipping Tool masih sangat minim fitur. Terutama karena tidak ada fitur lain selain capture. Sedangkan Software pihak ketiga bahkan memiliki fitur edit. Sementara modus capture juga banyak. Misalnya, scroll region dan scroll page untuk menangkap jendela yang panjang. Atau jika Anda hanya ingin mengambil tombol saja. Juga kursor, jendela aktif tanpa bingkai, free hand, multi region, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Microsoft ingin memperbarui fungsi Snipping Tool maka tambahkan lagi modus capture-nya. Itu lebih berarti daripada sekedar tombol.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.