Windows Tidak Butuh Game Booster dan Memory Optimizer, mengapa?

Game booster dan memory optimizer mungkin program yang paling dicari oleh pengguna komputer yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Mereka berharap dengan memasang program seperti itu akan benar-benar meningkatkan kinerja/performa PC terutama saat digunakan bermain game. Tetapi tahukah Anda bahwa sesungguhnya kita tdak membutuhkan program-program semacam itu?

Windows Anda tidak perlu dioptimalkan (optimizing) menggunakan program Game Booster untuk bermain (game). Alasannya sederhana. Anda bisa melakukan sendiri apa yang dilakukan oleh Game Booster, yaitu menghentikan proses-proses yang berjalan di latar belakang (background) yang tidak dibutuhkan saat bermain. Misalnya printer service, Internet Download Manager, Skype, dan program-program lain. Dengan begitu resource komputer bisa fokus pada game yang sedang dimainkan.

Cara menghentikan proses atau service yang berjalan di background, jalankan Task Manager, lalu pada tab Processes Anda dapat melihat daftar proses yang sedang berjalan. Untuk menghentikannya, klik proses yang hendak dihentikan kemudian klik tombol End task di sudut kanan bawah jendela Task Manager. Mudah bukan?

BACA JUGA:  Cara Disable OneDrive Windows 10

Memang, jika bermain game online sambil mengunduh via Torrent ini bisa memperlambat, tapi Anda bisa menunda unduhan selagi bermain dan itu sudah cukup meningkatkan performa. Malahan, jika Anda hanya bermain game offline, anti virus pun bisa Anda matikan.

Sama halnya dengan Game Booster, program Memory Optimizer juga tidak dibutuhkan. Windows tidak butuh Anda mengoptimalkan atau melajukan (boosting) memory komputer. Hari ini Windows sudah memiliki manajemen memory yang bagus. Menggunakan Memory Optimizer sama halnya memperlakukan komputer Anda sama seperti jaman Windows 95 yang memiliki manajemen memory buruk. Apalagi komputer jaman sekarang sudah menggunakan memory dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingakan jaman Windows 95. Menggunakan Memory Optimzer malah membuat komputer Anda "pincang" karena program ini akan menghapus file-file cache yang masih berguna dari RAM.

BACA JUGA:  7 Cara Membuka Task Manager Windows (semua versi)

Windows sudah cukup pandai mengatur penggunaan memory untuk dirinya, memasang Game Booster atau Memory Optimizer pada komputer modern adalah sia-sia, malah mungkin menambah beban bagi komputer itu sendiri. Apalagi program-program seperti ini kebanyakan tidak gratis.

Memang, terkadang kita terlalu terpaku dengan masa lalu dan lupa beranjak ke masa depan. Semoga artikel ini memberi pencerahan sehingga kita lebih bijaksana memperlakukan komputer 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.