Cara Masuk ke Safe Mode Android

safe_mode_androidCepat atau lambat, seiring waktu smartphone Android mulai bertingkah – aplikasi tidak bisa dibuka atau berjalan lebih lambat dari biasanya, layanan menutup sendiri, iklan pop up entah dari mana, dan hal-hal aneh lainnya. Perilaku yang tidak diinginkan ini bisa disebabkan oleh sesuatu, misalnya aplikasi pihak ketiga.

Bukan hanya Android, sistem operasi lain, sebut saja Windows, hal demikian juga terjadi. Seiring waktu kita akan menginstal aplikasi atau program ke dalam OS, karena butuh atau mungkin hanya sekedar mencoba. Semakin banyak aplikasi, semakin banyak service (layanan) yang dimuat, semakin besar kemungkinan terjadi kesalahan atau error. Itu semua menyebabkan sistem bekerja semakin lambat dan pada akhirnya bermasalah. Untuk memeriksa apakah aplikasi tertentu menyebabkan masalah, maka hal yang paling umum dilakukan adalah masuk ke Safe Mode alias Modus aman.

Sama halnya dengan Windows, teknik serupa dapat diterapkan di Android. Nah, artikel kali ini menuntun Anda bagaimana cara masuk/mengaktifkan “Safe Mode” di Android.

Apa yang dapat dilakukan dalam “Safe Mode”?

Apa yang dapat dilakukan ketika boot ke “Safe Mode”? Atau untuk apa kita masuk “Safe Mode”? Pada dasarnya itu menutup aplikasi pihak ke-3 dan memberikan Anda pengalaman default. Hal ini penting karena ini menjadi ajang pengujian untuk memecahkan masalah-aplikasi terkait.

BACA JUGA:  Cara Tethering & mobile hotspot: Samsung Tab 2

Alasan masuk ke “Safe Mode”

Alasan untuk boot ke “Safe Mode” termasuk salah satu dari berikut:

  1. Telepon Anda terjebak dalam siklus reboot, restart berulang-ulang.
  2. Telepon Anda terus-menerus crash, tersendat-sendat atau bertindak lambat.
  3. Kebiasaan aneh lainnya terjadi pada perangkat Anda dan Anda menduga aplikasi pihak ketiga penyebabnya.

Bagaimana cara mengaktifkan/masuk “Safe Mode”?

Yah, itu tergantung karena tidak semua ponsel Android dikonfigurasi dengan cara yang sama. Tetapi pada sebagian besar perangkat Android, salah satu metode ini berlaku untuk mengaktifkan Safe Mode.

Pertama, tahan tombol power Anda seolah-olah Anda akan mematikan ponsel Android Anda. Setelah jendela menu muncul, tahan jari Anda pada opsi “Power off” atau “Daya mati”, dan dalam beberapa detik, pesan akan muncul, yang memberitahukan bahwa Anda akan masuk ke “Safe Mode”. Metode ini diketahui bekerja pada smartphone Samsung, Sony, LG, HTC, Motorola, dan Huawei, serta pada ponsel Nexus dan handset lainnya yang menjalankan stock Android.

Cara lain untuk masuk ke dalam “Safe Mode” pada ponsel Android yang paling umum adalah dengan mematikan ponsel sepenuhnya, hidupkan lagi, dan kemudian menekan tombol volume bawah segera setelah logo pabrikan muncul (misalnya logo Samsung atau selainnya). Metode ini bekerja pada ponsel Samsung, LG, HTC, serta pada ponsel Nokia X.

BACA JUGA:  Cara Masuk ke Safe Mode Menggunakan Tombol F8 di Windows 8 dan Windws 8.1 seperti Windows 7

Perhatikan bahwa mengaktifkan “Safe Mode” pada beberapa ponsel yang lebih tua mungkin dilakukan dengan menggunakan tombol pintas yang berbeda atau kombinasi tombol. Pada beberapa model Motorola, misalnya, modus diaktifkan dengan menekan kedua tombol volume selama power up. Dan pada beberapa handset Samsung Galaxy lama dapat dilakukan dengan menekan tombol menu kapasitif saat telepon booting. Umumnya, pada Android 4.1 dan yang lebih baru, masuk ke Safe Mode dapat dilakukan dengan menekan lama opsi “Power off”.

Itulah bagaimana Anda bisa boot smartphone Android Anda ke “Safe Mode”. Setelah Anda selesai memperbaiki perangkat Anda, matikan saja dan hidupkan kembali untuk masuk ke modus normal.

Cara Masuk ke Safe Mode Lenovo A1000

  • Matikan (Off) ponsel.
  • Tekan dan tahan tombol On (Power).
  • Saat logo “Lenovo” tampil, lepaskan tombol Power.
  • Segera setelah melepas tombol Power, tahan tombol Volume bawah.
  • Tahan terus tombol Volume bawah sampai proses rebooting (hidup ulang) selesai.
  • Lepaskan tombol Volume bawah ketika tulisan Safe Mode muncul di sudut kiri bawah layar.

Masuk ke “Safe Mode” merupakan pilihan utama untuk pemeriksaan awal beberapa error, misalnya “Kesalahan Tidak Cukup Ruang pada Perangkat.”

55 comments

  1. Assalamualamualaikum, saya mau bertanya. Apakah dengan mengaktifkan safe mode ini akan menghilangkan semua data dan aplikasj di hp saya? Soalnya saya memakai aplikasi bbm danline. Jika saya safe mode takutnya bbm dan line saya tidak bisa kembali seperti semula. Sekian itu saja, mohon dijawab ya, wassalamualaikum..

    1. Tekan tombol power dan tahan sampai muncul opsi “Power off” atau jika menggunakan bahasa Indonesia “Daya mati” atau yang serupa dengan itu kemudian letakkan dan tahan jari Anda padanya, akan muncul pesan masuk ke Safe Mode.

      1. Saya juga pernah kena virus Camera 360 palsu, saya basmi pakai Bitdefender Mobile Security langsung bersih, cobalah.

  2. Mau tanya kalau samsung galaxy young mau masuk ke safe mode gimana caranya yah?. Saya udah coba cara di atas tapi tidak bisa

    1. Cara masuk Safe Mode Galaxy Young:

      1. Saat ponsel mati/off, tekan tombol Power beberapa detik.
      2. Sefera setelah layar menyala lepas tombol Power dan tekan tahan tombol Volume Down hingga layar home tampil.
    1. Coba tekan tombol power sampai muncul menu shutdown dan restart, masih di situ ketuk tahan pilihan shutdown.

  3. kalo samsung tab 2 gimana? cara pertama ga bisa dilakuin,, cara kedua pake power+volume bawah, lama prosesnya, tulisannya download OS.. Gitu kang,, mohon solusinya..

    1. Coba lakukan dengan seksama:

      1. Matikan (Daya Mati)perangkat.
      2. Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul logo Samsung, kemudian lepaskan.
      3. Saat muncul logo Samsung, tekan dan tahan tombol Volume.
      4. Terus tahan tombol Volume Down sampai muncul Safe mode di sudut kiri bawah layar.

      Mungkin butuh waktu 30 detik.

      1. Mas tanya, kenapa hp oppo r821 saya kunci polanya selalu timbul padahal sudah saya reboot.. trus ada virus yang masuk jadi tidak bisa masuk aplikasi.. mohon tanggapannya.

        1. Pergi ke pengaturan dan nonaktifkan pola layar kunci. Jika Anda curiga ada virus, silahkan instal antivirus seperti bitdefender, eset, kaspersky, avast, dll.

  4. cara masuk safe mode tablet ipro sense wi II, tahu ngk mas ? masalahnya saya udah kelelahan mencarinya google. maupun di counter ngk ada yang bisa

    saya mohon bantuan mas terima kasih…

  5. mas, mau nanya, kalo cara paling ampuh utk memperbaiki android yg mendownload/install aplikasi sendiri tanpa kita tau itu bagaimana ya? thanks

    1. Dari awal jangan download aplikasi dari situs tak punya reputasi, download dari Play Store. Sekarang jalam keluarnya adalah hard reset/kembali ke pengaturan pabrik.

        1. Coba baca buku manualnya. Apakah aplikasi tersebut bawaan? Atau coba upgrade ke OS yg lebih baru, jika belum tersedia untuk perangkat Anda maka cobalah custom ROM.

  6. hp saya oppo joy R1001 ,saya sudah coba masuk ke safe mode dengan cara menekan tombol power terus muncul pilihan shutdown dan restart kemudian saya tekan dan tahan shutdown ,tapi tidak berhasil ,mohon bantuannya ,,terimah kasih wassalam

    1. Kalau semua cara di atas sudah dicoba maka kemungkinan berbeda cara masuk safe mode untuk Oppo Joy R1001. Semoga ada yang bisa membantu Ali.

  7. Comment – (komentar anda belum tampil sebelum disetujui)
    gimana cara mengatasi Hp lenovo a913 lemot(RAM penuh)???..

  8. gimana yah kalau lupa password samsung note 5 ? apakah safe mode berguna menghilankan password ? dan bagaimana cara safe mode note 5 ?

  9. ka, Tablet saya lenovo a3000h. memori ekternal kosong, tetapi masih terdapat masalah yang sama bagaimana caranya?

  10. Bagaimana jika mahu keluar dari save mode jika butang mati daya tidak berfungsi. Bateri sekali dalam badan peranti.

    1. Cara masuk safe mode Lenovo A1000

      Matikan (Off) ponsel.
      Tekan dan tahan tombol On (Power).
      Saat logo “Lenovo” tampil, lepaskan tombol Power.
      Segera setelah melepas tombol Power, tahan tombol Volume bawah.
      Tahan terus tombol Volume bawah sampai proses rebooting (hidup ulang) selesai.
      Lepaskan tombol Volume bawah ketika tulisan Safe Mode muncul di sudut kiri bawah layar.

  11. untuk tab byond bagaima yah master saya coba tahan tombol of dan tahan folum. pertama muncul gambar setelah itu cuma hitam..

  12. mas kalau hp mito fantasy U yang tiba-tiba layarnya nge-blank cara mengatasinya gimana, sudah saya coba buka batrenya dan sudah saya biarkan sekitar 1 jam, setelah saya nyalakan kembali nge-blank lagi, kalau dalam posisi layar nge-blank saya charge juga tidak bisa masuk, tolong dibantu.
    terima kasih

    1. Saya tidak punya bayangan bagaimana mengatasi masalah Anda, maaf. Apakah Anda pernah mencoba masuk ke Recovery Mode? Kalau bisa coba Anda lakukan reset dari sana.

  13. nah kalo dsamsung G tab3v muncul “update now. Warning !. Do not off reboot the device during update please. try again later” saat menekan tombol pengaturan.
    Bagaimana cara penyelesaianya ?

    1. Itu sepertinya sedang update. Ada progres updatenya? Kalau ada tunggu saja sampai updatenya selesai..

  14. Hape saya lenovo s920 bgaimana caranya masuk ke save mode apakah langkahnya seperri lenovo 1000?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.