Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Android dan iOS

Aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi yang masih aktif meskipun Anda tidak sedang menggunakannya. Aplikasi ini dapat memakan sumber daya seperti baterai, RAM, dan data seluler. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang di perangkat Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di Android dan iOS, serta cara menutup atau membatasi aplikasi yang tidak perlu. Kami juga akan memberikan beberapa tips untuk menghemat baterai dan mempercepat kinerja perangkat Anda.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Android

Ada beberapa cara untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di Android, tergantung pada versi sistem operasi dan tipe perangkat Anda. Berikut adalah beberapa metode yang umum digunakan:

  • Cara pertama adalah dengan menekan tombol overview atau recent apps di bagian bawah layar. Tombol ini biasanya berbentuk persegi atau lingkaran dengan garis-garis di dalamnya. Anda akan melihat daftar aplikasi yang baru saja Anda gunakan, termasuk yang berjalan di latar belakang. Anda dapat menggeser ke kiri atau kanan untuk menutup aplikasi yang tidak Anda inginkan, atau mengetuk pada aplikasi untuk kembali ke layar utama.
  • Cara kedua adalah dengan masuk ke pengaturan perangkat Anda, lalu pilih aplikasi atau aplikasi dan pemberitahuan. Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda, termasuk yang berjalan di latar belakang. Anda dapat mengetuk pada aplikasi untuk melihat detailnya, seperti penggunaan baterai, data, dan izin. Anda juga dapat mengetuk tombol berhenti paksa untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau mengetuk tombol batasi penggunaan data latar belakang untuk menghemat data seluler.
  • Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat menampilkan dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi yang populer adalah Greenify, Advanced Task Manager, dan CCleaner. Aplikasi ini dapat membantu Anda menutup aplikasi yang tidak perlu, membersihkan cache dan file sampah, serta mengoptimalkan kinerja perangkat Anda.
BACA JUGA:  Menyeting Unduhan Media Pada Whatsapp Agar Hemat Kuota

Perlu diingat bahwa menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak selalu bermanfaat untuk perangkat Anda. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan akses latar belakang untuk berfungsi dengan baik, seperti aplikasi pesan, email, atau media sosial. Jika Anda menutup aplikasi ini, Anda mungkin tidak akan menerima notifikasi atau pembaruan dari aplikasi tersebut. Selain itu, menutup dan membuka aplikasi secara berulang-ulang dapat memakan lebih banyak baterai dan RAM daripada membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di iOS

Untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di iOS, Anda dapat menggunakan metode berikut:

  • Cara pertama adalah dengan menekan dua kali tombol home di bagian bawah layar. Anda akan melihat daftar aplikasi yang baru saja Anda gunakan, termasuk yang berjalan di latar belakang. Anda dapat menggeser ke atas untuk menutup aplikasi yang tidak Anda inginkan, atau mengetuk pada aplikasi untuk kembali ke layar utama.
  • Cara kedua adalah dengan masuk ke pengaturan perangkat Anda, lalu pilih baterai. Anda akan melihat daftar aplikasi yang mengonsumsi baterai Anda, termasuk yang berjalan di latar belakang. Anda dapat mengetuk pada aplikasi untuk melihat detailnya, seperti waktu penggunaan layar dan latar belakang. Anda juga dapat mengetuk tombol matikan pembaruan latar belakang untuk menghemat baterai.
  • Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat menampilkan dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi yang populer adalah Battery Doctor, Power Clean, dan System Status. Aplikasi ini dapat membantu Anda menutup aplikasi yang tidak perlu, membersihkan cache dan file sampah, serta mengoptimalkan kinerja perangkat Anda.
BACA JUGA:  Cara Mudah Instal Aplikasi dan Game Android di Komputer/PC

Sama seperti di Android, menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang di iOS tidak selalu bermanfaat untuk perangkat Anda. iOS memiliki sistem manajemen memori yang cerdas, yang dapat menangani aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan efisien. Jika Anda menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda mungkin tidak akan mendapatkan manfaat yang signifikan dari segi baterai atau kinerja. Malah, Anda mungkin akan mengalami penurunan kinerja jika Anda sering menutup dan membuka aplikasi.

Kesimpulan

Aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi yang masih aktif meskipun Anda tidak sedang menggunakannya. Aplikasi ini dapat mempengaruhi baterai, RAM, dan data seluler perangkat Anda. Untuk melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda dapat menggunakan metode bawaan sistem operasi atau aplikasi pihak ketiga. Namun, Anda harus berhati-hati dalam menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, karena dapat berdampak negatif pada fungsi dan kinerja aplikasi tersebut.

Demikian artikel yang kami buat tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di Android dan iOS. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.