Open Menu Konteks Windows 7 Tidak Muncul Ketika 15+ Folder Terpilih

Di Windows 7 ketika kita memeilih 15 folder kemudian klik kanan akan ada pilihan open sedangkan jika folder yang terpilih lebih dari 15 maka pilihan open akan hilang. Jika Anda mendapati masalah seperti ini jangan panik dulu. Sebab ini bukan kerusakan atau kesalahan pada Windows Anda melainkan fitur ini sengaja dibuat untuk mencegah pembukaan file dalam jumlah besar sehingga berpotensi menggangu performance komputer. Jadi, jumlah maksimlal folder yang bisa kita buka sekaligus adalah 15 folder saja.

Open Menu Konteks Windows 7 Tidak Muncul Ketika 15+ Folder Terpilih

Tetapi jika Anda merasa fitur ini harus dihilangkan, dalam artian bahwa Anda ingin bisa membuka 15 folder lebih sekaligus maka Anda perlu melakukan perubahan pada registry.

BACA JUGA:  Cara Menulis/Menampilkan Nama di Taskbar

Tweak registry agar bisa membuka 15 folder sekaligus adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke registry editor (tekan kombinasi tombol Windows + R kemudian ketik regedit kemudian tekan Enter).
  2. Pergi ke:
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
  3. Di panel sebelah kanan, buat key baru DWORD value dengan nama MultipleInvokePromptMinimum dan set nilainya menjadi 16. Kemudian restart komputer untuk menyimpan perubahan.
    15 files fixreg

Jika ingin mengembalikan seperti semula hapus key yang dibuat tadi.

Mungkin ada diantara kita yang bertanya, seberapa sering atau dalam hal bagaimana kita membuka 15 folder sekaligus? Entahlah, saya sendiri belum pernah membuka 15 folder sekaligus kecuali mencoba tutorial ini.

BACA JUGA:  Cara Menambah Akun di Android

Bagaimana jika dilakukan sebaliknya? Makusd saya, jika Anda ingin membatasi jumlah maksimal folder yang dibuka sekaligus. Mudah, Anda hanya perlu menetapkan nilai maksimal pada langkah ke-3. Saat Anda menetapkan nilai 16 itu artinya jumlah folder yang bisa dibuka sekaligus adalah 16. Jika Anda menetapkan nilainya menjadi 2 maka jumlah folder yang bisa dibuka sekaligus hanya 2.

Ini tidak hanya berlaku untuk folder saja melainkan file juga. Registry tweak ini berlaku untuk folder dan file.

Semoga bermanfaat!

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.